Sambut Musim Tanam Masyarakat Picungpugur adakan Sedekah Bumi

oleh -

RJN,Cirebon – Rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bisa dituangkan dalam berbagai ekpresi, salah satunya dengan mengadakan doa bersama yang dibalut dalam acara sedekah bumi yang lumrah di lakukan oleh masyarakat di pedesaan untuk memyambut musim bercocok tanam seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Picungpugur Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Masyarakat kami mayoritas petani dan acara sedekah bumi yang di laksanakan hari ini untuk menyambut musim tanam dengan cara berdoa untuk meminta kepada sang maha pencipta agar masyarakat diberikan kelancaran dalam bertani dan mendapatkan hasil panen yang melimpah.

“Alhamdulillah ini bentuk syukur kami masyarakat picungpugur atas hasil panen selama tahun ini dan untuk menyambut musim hujan dan musim bercocok tanam, “ujarnya Muhammad Suryani Kuwu Picungpugur kepada rakyatjabarnews.com saat ditemui pada sela sela acara sedekah bumi yang berlokasi di lapangan Desa setempat, Jumat (9/11/2018).

Masih menurut Muhammad Suryani acara seperti ini (red.sedekah bumi) sudah berjalan tiga tahun ini agar masyarakat tetap memegang budaya leluhur yang perlu dijaga kelestariannya.
“Sedekah bumi merupakan budaya leluhur yang harus tetap dijaga ditengah masyarakat, agar masyarakat petani khususnya tidak lupa untuk bersyukur atas hasil panen.”

Kami berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon dalam hal ini Dinas terkait dapat mensuport kegiataan sedekah bumi di setiap Desa yang ada di Kabupaten Cirebon,”tandasnya.(ymd/rjn)

Berita Rekomendasi

Comment