Puskesmas Astana Japura Kabupaten Cirebon Adakan Lomba Cuci Tangan

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Puskesmas Astana Japura Kabupaten Cirebon mengadakan acara Lomba Cuci Tangan yang dihadiri oleh Ibu Bupati Ayu Sunjaya dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon beserta Jajaran dan Camat Astana Japura, juga diikuti oleh 29 peserta dari Sekolah SD/MI dan SMP/MTs se-wilayah Kecamatan Astana Japura, Kamis (9/11).

Kepala Puskesmas Astana Japura Dokter Zainal mengatakan bahwa Acara Lomba Cuci Tangan ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kabupaten Cirebon, dan ini termasuk program dari Pemda Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak generasi penerus yang ada di Kecamatan Astana Japura.

“Ini merupakan kegiatan positif dan termasuk program Pemda Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan. Maka kami di Puskesmas melaksanakan lomba Cuci tangan ini sebagai usaha meningkatkan kesadaran dalam menjaga pola hidup sehat,” ungkapnya saat ditemui awak media.

Dokter Zainal manambahkan, acara ini terselenggara berkat support dari perusahaan yang ada di Wilayah Kecamatan Astana Japura.

“Kami sangat berterima kasih pada perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Astana Japura yang telah membantu terselenggaranya acara ini,” tuturnya.

Sedangkan menurut Ketua Panitia Yayat mengatakan bahwa para peserta lomba merupakan anak-anak dari SD/MI dan SMP/MTs. Selain itu, juga ada Lomba Dokcil yang semuanya melalui tes lisan maupun tulis, dan para juara akan mendapatkan hadiah. Khusus untuk setiap sekolah, akan mendapatkan perlengkapan kotak P3K.

“Kami melibatkan anak-anak baik dari tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di Kecamatan Astana Japura, dan kami juga memberikan perlengkapan kotak P3K untuk semua sekolah dan khusus para juara kami berikan hadiah,” jelasnya.

Sedangkan menurut Ayu Sunjaya, kegiatan seperti ini harus terus disosialisasikan karena mencuci tangan itu merupakan usaha menghindari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang anak-anak, dan tentu agar anak-anak sebagai penerus di Kabupaten Cirebon lebih sehat dan disiplin dalam menjaga kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi usaha dari Puskesmas Astana Japura yang sudah mendorong usaha menjaga pola hidup sehat pada anak anak dengan lomba cuci tangan ini semoga kesehatan anak anak penerus di Kabupaten Cirebon semakin lebih sehat,” tutur istri Bupati tersebut.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Kesehatan Hj. Eni mengatakan bahwa Dinas Kesehatan merupakan induk dari seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon. Sehingga, untuk Puskesmas Astana Japura yang mampu mengadakan kegiatan ini sangat bagus. Karena, dengan membiasakan cuci tangan, maka akan banyak manfaatnya.

“Dinas Kesehatan itu ibarat Ibu dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon sehingga acara yang digelar oleh Puskesmas Astana Japura ini sangat kami support,” jelasnya.

Ditambahkan Eni, sebagai generasi penerus ini diharapkan lahir pemimpin mendatang dengan pola hidup sehat akan didapatkan sosok pemimpin yang kuat.

“Semoga dengan membiasakan cuci tangan dari dini, maka pola hidup sehat pada generasi penerus ini melahirkan sosok sosok pemimpin yang kuat di masa mendatang,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.