Puluhan ODGJ Asal Majalengka Dirawat di RSMM Bogor

oleh -
banner 120x600

rakyatjabarnews.com, Majalengka – Sebanyak 28 Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) Berat asal Kabupaten Majalengka dievakuasi ke RS Marzuki Mahdi (RSMM) Bogor, Selasa (25/6).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Harizal F. Harahap, dalam laporannya mengatakan, para ODGJ itu diberi pengobatan di RS Marzuki Mahdi supaya bisa sembuh kembali. Mereka berasal dari berbagai wilayah di kabupaten Majalengka.

Pelayanan kesehatan ODGJ Berat adalah salah satu indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan. Sasaran ODGJ Berat di Kabupaten Majalengka adalah 0,14 persen dari 1.718 orang.

“Capaian SPM ODGJ Berat pada 2020 sebanyak 1.442 orang atau 83,93 persen. Dinas Kesehatan telah tiga kali melakukan perawatan untuk 105 orang secara bertahap,” ujarnya.

Sementara, Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengatakan, berdasarkan data Dinas Kesehatan, terdapat 1.718 ODGJ. Yang telah dirawat 1.423 Orang. Ditargetkan pada 2021 Majalengka bebas pasung.

“Kami minta RSMM Bogor untuk bisa melakukan perawatan dan pembinaan terhadap warga Majalengka yang berstatus ODGJ berat tersebut, sehingga bisa sembuh dan pulang ke Majalengka lagi,” harap Karna.

Direktur RS Marzuki Mahdi, Fidiansjah, menjelaskan, kesehatan fisik memang sudah tidak asing. Namun, ODGJ ini sangat perlu diperhatikan pula.

“Kami harap kerja sama ini bisa terjalin secara strategis di bidang kesehatan. ODGJ ini akan kami rawat semaksimal mungkin,” ucapnya.

(duh)

Comment