oleh

PT KAI dan Unit K-9 Polda Jabar Terjunkan Anjing Pelacak di Stasiun Cirebon dan Prujakan

RakyatJabarNews.com, Cirebon – PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon bersama Polri menerjunkan 3 ekor anjing pelacak di Stasiun Cirebon dan Stasiun Prujakan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya bahan peledak di stasiun selama angkutan Lebaran kereta api pada 5 – 26 Juni 2018.

Menurut Briptu Anggariyana dari Unit Satwa K-9 Direktorat Sabhara Polda Jawa Barat, diturunkannya Unit K-9 ini karena untuk antisipasi akan adanya teror bom yang kerap meresahkan masyarakat, terutama di musim mudik Lebaran 2018.

“Kita melakukan upaya sterilisasi stasiun, dimulai dari barang bawaan penumpang, sudut stasiun, dan lainnya. Kita terjunkan anjing yang bisa mendeteksi bahan peledak,” terangnya saat ditemui awak media di sela kegiatan sterilisasi di Stasiun Cirebon, Jl. Kejaksan Kota Cirebon, Selasa (5/6).

Anggariyana menjelaskan, anjing pelacak ini akan berjaga selama jam kerja kereta saja. Misalkan, jika ramainya sekitar jam 10 pagi, maka di jam 11 siang dan seterusnya akan diistirahatkan. Selain itu, juga tergantung situasi anjingnya.

“Kalau misalkan anjingnya sedang semangat, selama 2 jam dia tidak akan berhenti dan terus bekerja. Tapi kalau anjingnya sudah kelelahan, kita istirahatkan dulu. Setelah istirahat cukup baru kita kerja lagi,” terangnya.

Selain itu, lanjut Anggariyana, jika menerima laporan terkait adanya benda-benda yang dicurigai, maka timnya akan langsung memeriksanya. 

Anggariyana menjelaskan, selain di Daop 3 Cirebon, penerjunan Unit K-9 Polda Jabar pun dilakukan di Daop 2 Bandung, yakni di Stasiun Kiaracondong. Penyiagaan ini akan terus dilakukan sampai dengan tanggal 26 Juni 2018.

Menurut Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudya, penerjunan Unit K-9 di stasiun ini adalah upaya dari PT KAI dan Polda Jabar sebagai antisipasi apabila ada sesuatu yang berbahaya yang dibawa oleh penumpang. Apalagi, belakangan ini sedang ramai kabar tentang bom yang meresahkan.

“Kita berupaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang kereta api. Karena, ini adalah bentuk dari pelayanan dari PT KAI di arus mudik Lebaran tahun ini,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed