Polres Cirebon Bekali Relawan Lalu Lintas dengan PPGD

  • Whatsapp

RJN- Cirebon– Ratusan juru parkir sepanjan jalur pantura Kabupaten Cirebon (Arjawinangun – Losari) mendapat pembekalan mengenai Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPDG) dan klaim asuransi kecelakaan.

Selain pembinaan, Polres Cirebon bersama Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) juga memberikan rompi keamanan. Profesi juru parkir atau relawan lalu lintas yang sehari-hari di jalan raya dapat menjadi perpanjangan tangan petugas.

Bacaan Lainnya

Penanganan terhadap korban dibutuhkan tindakan cepat dan tepat, disinilah peran para juru parkir sangat dominan sementara menunggu petugas tiba di lokasi.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan, jika terjadi kecelakaan lalu lintas kemungkinan besar juru parkir adalah orang terdekat dengan korban, oleh karena itu pihaknya memberikan pembinaan dan penyuluhan tentang pertolongan pertama gawat darurat.

“Pertolongan pertama pada korban kecelakaan sangat menentukan kondisi korban selanjutnya. Jika ditangani dengan gegabah maka akibatnya sangat fatal,” katanya, pada Jumat (6/9/2019).

Untuk melengkapi administrasi terhadap korban kecelakaan, juru parkir juga dibekali dengan pemahaman klaim asuransi kecelakaan. “Supaya memahami penyampaian syarat dan ketentuan pembiayaan yang ditanggung oleh Jasa Raharja dalam kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya meminta kepada juru parkir agar tidak menarik tarif di atas ketentuan apalagi dengan cara memaksa. “Kami minta juru parkir yang ada di u-turn sepanjang jalur pantura, tidak meminta tarif jasa parkir secara paksa,” ujarnya.

Pihaknya optimis, jika edukasi ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan budaya tertib berlalu lintas, menekan angka kecelakaan, dan menjaga keamanan.

“Kami mengantisipasi aksi gangguan keamanan, oleh karena itu sebanyak 144 juru parkir ini kami bija dan berdayakan,” pungkasnya. 

(gie/rjn)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *