oleh

Polda Jabar Amankan Terduga Teroris di Cirebon

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Jajaran Polda Jawa Barat bersama Densus 88 Anti Teror Mabes Polri menggerebek salah satu terduga teroris inisial S (27) di RT 05 RW 02 Blok Sigagak Desa Jemaras Kidul Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon hari Kamis (17/5), sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapolda Jawab Barat Irjen Pol. Drs Agung Budi Maryoto, M.Si, mengatakan, bahwa terduga teroris ini termasuk jaringan JAD. Dan ada hubungannya dengan penangkapan di Tambun Bekasi kemarin.

“Kita lakukan penggeledahan rumah supaya tidak ada benda-benda yang membahayakan bagi masyarakat. Adapun yang kita curigai baru dua buah aki besar dan sudah diamankan,” jelasnya saat ditemui awak media, Kamis (17/5).

Kapolda menjelaskan, yang unik dari terduga ini, dia bersama istrinya mengontrak di kontrakan yang dulu pernah dipakai oleh pelaku bom Sarinah tahun 2015 lalu di Jakarta. Pelaku tersebut berinisial J dan sudah mendekam dalam sel tahanan.

“Akan kami selidiki apakah terduga teroris ini ada hubungannya dengan pelaku J atau tidak,” terangnya.

Selain menangkap inisial S, Polda Jabar juga menangkap terduga teroris lainnya di Kota Cirebon, yakni inisial H. Kedua terduga teroris tersebut ditangkap karena nama mereka muncul dalam penangkapan di Tambun Bekasi. Keduanya kini akan dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan penuturan salah satu warga bernama Kadiran, terduga teroris tersebut sudah mengontrak selama setahun lebih. Namun anehnya, para warga tidak mengenal sama sekali si terduga dan keluarga.

“Sewaktu pindah ke sini, kalau tidak salah dari Banten. Keluarganya tertutup. Istrinya pun bercadar,” jelasnya saat ditemui awak media ketika polisi mendatangi TKP, Kamis (17/5).

Dia menceritakan, terduga teroris tersebut hendak mengisi galon. Namun tampaknya, tempat pengisian galon yang dituju tutup. Akhirnya, dia berusaha mencari tempat lain. Namun ternyata, si terduga tiba-tiba diciduk oleh petugas kepolisian. Si terduga pun dibawa beserta motor yang dia pakai saat membeli galon.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed