PNM Gelar Studi Banding Pertanian Hidroponik bagi Perempuan Ultra Mikro

oleh -

Bekasi – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan studi banding pertanian hidroponik yang dihadiri oleh 12 nasabah PNM Mekaar (yang terdiri dari wilayah Pematang Siantar, Solo, Surabaya, Malang, Pontianak, dan Kendari) sejak tanggal 10 s/d 12 Juli 2023 di JS Hidroponik, Bekasi, Jawa Barat.

PNM PKU menggelar kegiatan ini dengan melibatkan nasabah Mekaar dan didampingi oleh PNM PKU yang terdiri dari 6 orang pendamping nasabah. Pertanian hidropnik merupakan pertanian yang menanamnya tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, namun memanfaatkan air dan media tanam berupa benda padat seperti cocopeat, spons dan sebagainya yang sangat cocok untuk dipelihara di lingkungan rumah.

Kegiatan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar sehingga naik kelas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Fikri Nauval selaku Pemilik JS Hidroponik, Praktisi Hidroponik, dan Narasumber, Petrus Agus Mulyono selaku Pemimpin PT PNM Cabang Bekasi, dan YR. Wijayandaru selaku Kepala Bagian Publikasi dan Branding Produk Nasabah Divisi PKU PT PNM. Studi Banding bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan relasi, serta pengetahuan dengan menambah edukasi dan ilmu baru. Kemudian peserta juga didampingi untuk belajar bercocok tanaman hidroponik.

Comment