oleh

Perusahaan Tambang di Purwakarta Ledakan Gunung, Batu Raksasa Menimpa Rumah Warga

RJN, Purwakarta – Batu raksasa berukuran diameter lebih dari dua meter ‎di penambangan batu di Kampung Cihandelem Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, terbang dan menimpa rumah warga pada Selasa (8/10).

Peristiwa itu bermula saat PT MSS‎, perusahaan pertambangan batu di kampung itu, meledakan batu dengan bahan peledak.

“Hasil ledakannya, batu-batu besar menimpa rumah warga,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono.

Rumah yang tertimpa batu besar itu sebanyak tujuh rumah. Semua rumah yang tertimpa berada dekat dengan lokasi penambangan tersebut.

“Tujuh rumah rusak oleh 8 buah batu ledak ukuran besar. Batu-batu berjatuhan dari ketinggian 500 meter. Rumah yang tertimpa di bawah area penambangan,” ujarnya.

Saat peristiwa tragis itu terjadi, sejumlah warga pemilik rumah tidak ada yang sedang berada di dalam rumah. Sehingga, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Salah satu rumah yang terkena imbas, salah satunya madrasah. ‎

“Tidak ada korban jiwa karena pemilik rumah saat kejadian sedang pada di luar. ‎Pemilik rumah sudah dievakuasi ke tempat aman,” katanya.

Sesaat setelah kejadian, para pemilik rumah langsung mendemo perusahaan tersebut yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Saat ini, polisi sedang menyelidiki kasus ini, terutama berkaitan dengan kelalaian oleh penambang.

Hingga saat ini, warga pemilik rumah mendesak pemerintah untuk menutup penambangan batu tersebut karena membahayakan warga sekitar. Apalagi, batu diambil dengan cara diledaka .

Di samping itu, proses penambangan membuat lingkungan dan kondisi udara di sekitar desa jadi rusak.

Komentar

News Feed