Pembangunan Jembatan Ciputrapinggan Hampir Rampung

oleh -

RakyatJabarNews.com, Pangandaran – Pembangunan pengganti jembatan Ciputrapinggan, diperkirakan dua minggu ke depan sudah dapat digunakan. Jembatan penghubung jalan nasional dengan bentangan 50 meter dan lebar 8 meter ini diperkirakan akan memiliki usia hingga puluhan tahun.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bina Marga Provinsi Jawa Barat Kementerian PUPR, Kadimin, Selasa (2/12/2018) mengatakan, jembatan yang kini tengah dilakukan pengecoran lantai tidak memiliki pilar, sehingga tidak akan terganggu dengan arus sungai.

“Hari ini kita lakukan pengecoran lantai jembatan sambil membuat benda uji. Nanti setelah tiga harinya kita akan tes uji kuat tekanan coran ke laboratorium, nah benda uji itu yang akan di tes, baru nanti bisa open traffic,” ucap Kadimin.

Apabila pengganti jembatan Ciputrapinggan sudah selesai dibangun, lanjut Kadimin, pihaknya akan membongkar dua jembatan bailey yang kini tengah digunakan sebagai jembatan darurat.

Sementara Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari saat meninjau lokasi pembangunan jembatan, dirinya mengatakan, sebaiknya jembatan baru digunakan apabila usia coran sudah cukup.

“Ya paling tidak dua minggu setelah dicor baru bisa di lalui, agar corannya kering dulu,” ujar Adang.

Pasalnya, kata Adang, arus lalu lintas di lokasi jembatan saat ini tidak padat, berbeda saat jelang liburan tahun baru kemarin.

“Sekarang kan arus lalu lintas tidak ramai, jadi biar saja lewat jembatan darurat dulu, supaya jembatan pengganti bener-bener siap,” ujarnya. (red/RJN)

Comment