oleh

Pelaksanaan TMMD ke-101, Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Daerah

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Dalam rangka membangun laju percepatan ekonomi di daerah yang belum maksimal, Pemerintah Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan TNI menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-101 di Desa Gembongan Mekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, Rabu (4/4).

Adapun sasaran dalam TMMD kali ini adalah pembangunan jalan, pembangunan tempat ibadah, perumahan layak huni, maupun pendidikan-pendidikan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Bupati Cirebon Selly Andriani Gantina, Pangdam III Siliwangi Mayjen Besar Harto Karyawan, Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Infantri Veri Sudijanto Sudin, serta jajaran Forkompinda Kabupaten Cirebon lainnya.

Menurut Pangdam III Siliwangi Mayjen Besar Harto Karyawan, program TMMD ini membantu pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan di daerah yang belum maksimal. Adapun dipilihnya Desa Gembongan Mekar karena mempunyai potensi ekonomi yang bisa ditingkatkan.

“Ada interaksi antara TNI dan warga, dan ada juga pembangunan berupa fisik dan non fisik. Secara fisik infrastruktur dibangun, dan non fisik ada pembekalan dan penyuluhan kepada warga tentang cinta tanah air, membina keluarga, hidup bersih dan lain sebagainya,” terangnyanya.

Dia melanjutkan, TMMD tahun ini diadakan di 4 Korem, termasuk Korem 063/SGJ. Masing-masing Korem ada 2 sasaran. Selain itu, ada juga TMMD imbangan di kodim lainnya seperti di Karawang.

Sedangkan menurut Plt Bupati Selly A Gantina, dalam program kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat gotong royong memberikan bantuan berupa finansial, sedangkan TNI dan Polri yang mengerjakannya.

Adapun bantuan dana yang dikeluarkan dari APBD Pemerintah Kabupaten Cirebon sebesar Rp 750 juta, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 250 juta.

“Pelaksanaannya selama 30 hari, dimulai dari hari ini sampai tanggal 3 Mei 2018,” terangnya.

Dia menambahkan, desa yang terpilih ini diharapkan akan tumbuh perekonomiannya. Selain dari segi fisik pembangunan desa ini diharapkan mampu membangun character building, skill, serta motivasi warganya.

“Semoga di tahun berikutnya anggaran dana untuk TMMD bisa kami tingkatkan lagi. Karena efeknya sangat terasa sekali adanya percepatan,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed