oleh

Media Workshop BPK Jabar, Kabag Humas Kota Bekasi Dinobatkan Sebagai Inspiratif

RJN, Bandung – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat menggelar media workshop bertajuk “Membangun Sinergi dengan Media” pada Kamis, (8/11/2018).

Media Workhop kali ini berlangsung di Auditorium BPK Perwakilan Jawa Barat, Jalan M Toha no 164, Bandung. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala BPK Jabar, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, Kabag Publikasi dan Protokol Humas Setda Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, kehadiran Bagian Humas Setda Kota Bekasi sempat mendapat perhatian lebih dari para peserta. Dan mendapat apresiasi BPK Jawa Barat. Kabag Humas Kota Bekasi Sajekti Rubiah saat itu dinobatkan menjadi pemberi masukan inspiratif terbaik kepada BPK terkait kerjasama media di Pemda Kabupaten/Kota.

Dikatakan Sajekti, Bagian Humas berupaya terus bersinergi dengan media. Contohnya bila ada informasi setiap kegiatan bersifat kepentingan masyarakat, sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik disampaikan pihaknya digrup media sosial WhatsApp yang anggotanya banyak dari wartawan dan Perangkat daerah. Selain itu pihaknya juga kerap menggelar coffe Morning dan media gathering.

“Keterbukaan dengan grup media di Kota Bekasi. Memang kita sangat membutuhkan partner kerja. Pemberitaan media juga evaluasi kami para perangkat daerah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat,” ungkap dia.

Sajekti sempat memberi masukan terkait bentuk kerjasama yang dijalin pemerintah daerah lain yang masih menerapkan pemberian honor untuk wartawan. Berbeda dengan di Kota Bekasi yang kata dia memfasilitasinya berupa pembuatan paket kerjasama.

“Setahu saya masih ada pemerintah lain yang menerapkan honor. Kami pun sempat melakukannya pada 2010 dengan bukti kuitansi, namun menjadi temuan BPK. Makanya kita evaluasi dan sekarang kita ubah menjadi kegiatan kerjasama media,” ungkap Sajekti.

Kepala Jabar Arman Syifa mengapresiasi saran dan masukan yang disampaikan Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi. Menurutnya hal yang disampaikan tersebut menjadi catatan pihaknya dan mampu menginspirasi humas pemerintah daerah lainnya sehingga tertib administrasi dan tetap mampu menjalin sinergitas dengan media.

“Terima kasih atas saran masukan Bu Yekti, Kabag Humas Kota Bekasi. Kita beri penghargaan dan apresiasi dalam kesempatan ini,” ungkap Arman.

Sementara itu, Kepala BPK Jabar, Arman Syifa mengatakan kegiatan media workshop dalam rangka mewujudkan BPK yang independen, berintegritas dan profesional. Dan BPK memandang media pers sebagai mitra strategis dalam mendukung perwujudan tata kelola pemerintahan dan pertanggung jawaban keuangan negara yang bersih transparan dan akuntabel.

“Oleh karenanya , BPK berupaya untuk membangun hubungan positif dan komunikasi yang efektif serta saling mendukung dengan media pers,” ungkap Arman Syifa.

Lebih lanjut, Arman menegaskan media Workhop juga untuk memberikan pemahaman kepada wartawan maupun media pemberitaan lainnya tentang visi dan misi BPK sesuai Renstra 2016-2020, sehingga nantinya mampu meningkatkan hasil pemeriksaan dan kualitas pemeriksaan dalam rangka mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara.

“Work shop ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai upaya membangun hubungan dan komunikasi yang efektif antara BPK perwakilan Jawa Barat dengan media/pers dan bagian Humas seluruh Pemda di Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. (red/rjn)

Komentar

News Feed