oleh

Kuningan Jadi ‘Lautan’ Motor Honda Klasik

RJN, Kuningan – Pencinta sepeda motor Honda klasik yang tergabung dalam Sembilan Puluh Owner’s Group (SPOG) Kuningan, tak mau ketinggalan mempromosikan potensi pariwisata alam di wilayahnya.

Hal itu terlihat dari ribuan komunitas motor klasik yang bernaung di bawah bendera komunitas Honda Classic Club Indonesia (HCCI), saat kegiatan Jambore Nasional ke-16 di area Open Space Gallery (OSG) Kuningan.

Berbagai bentuk dan varian Honda dari pelosok negeri ini dipertunjukkan. Mulai dari yang asli hingga yang dimodifikasi ekstrem seperti model choper dan trail.

Misalnya saja komunitas Honda klasik dari Aceh, yang rela menempuh perjalanan selama 10 hari untuk datang ke Kota Kuda. Tak ketinggalan penghobi motor klasik asal Bengkulu hingga Papua turut ambil bagian pada Jambore Nasional tersebut.

“Alhamdulillah tahun ini kami didaulat untuk mengadakan Jambore Nasional ke-16. Ini merupakan kebanggaan bagi kami, karena semua pecinta motor klasik se-Nusantara hadir di Kota Kuningan,” kata Ketua Panitia Jambore Nasional, Maman, Selasa (25/6/2019)

Dia menyebutkan, ada 3.000 lebih peserta komunitas Honda dari seluruh Indonesia, yang berkumpul di OSG Kuningan dalam Jambore Nasional. Semoga kegiatan ini semakin menambah kekompakan bagi pengemar sepeda motor tua Honda.

“Peserta yang hadir ini diluar dugaan panitia, karena kami hanya mengundang 500 orang. Kita mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak khususnya Pemda Kuningan yang diwakili Kepala Disporapar, Kasatlantas Polres Kuningan, Danramil, serta kepengurusan HCCI Pusat dan rekan-rekan sesama pecinta motor klasik se-Nusantara,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan Jambore Nasional salah satunya ingin mengenalkan destinasi wisata di Kabupaten Kuningan. Tentunya, hal ini dalam rangka mensukseskan Kuningan menuju kabupaten pariwisata termaju di Jawa Barat.

“Hadirnya peserta jambore dari berbagai daerah, ini menjadi ruang untuk mempromosikan pariwisata kita. Sehingga nanti, mereka akan datang kembali kesini untuk menikmati wisata alam di Kuningan,” ujarnya.

Lebih dalam Ia menjelaskan, bahwa SPOG Kuningan adalah sebuah komunitas penggemar motor antik Honda S90 dan Honda Astra S 90z di Tahun 1997. Seiring waktu, SPOG Kuningan semakin berkembang berbagai jenis motor seperti Honda S90, Honda Astra S 90z, Honda Benly, Honda CB, dan Honda C50/C70 yang berada di Kuningan.

“Jadi dengan berkembangnya jumlah anggota SPOG Kuningan, akhirnya berdiri pada tanggal 05 Oktober 1998. Tujuan berdirinya klub ini tidak jauh berbeda dengan klub lain yakni menjadi wadah pecinta motor classic, menjalin persaudaraan, dan menjadikan honda classic sebagai wadah mengenalkan pariwisata dan budaya di Kota Kuningan,” pungkasnya. 

(dri/rjn)

Komentar

News Feed