Koramil 1403/Lemahwungkuk Sosialisasikan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Koramil 1403/Lemahwungkuk Kodim 0614/Kota Cirebon Korem 063/SGJ Sertu Ambar melaksanakan Komsos dengan warga RW 10 Kelurahan Panjunan dengan membahas tentang pemanfaatan dan pengolahan Sampah Rumah Tangga. Kegiatan tersebut bertempat di Pos Kamling RW 10 Kel. Panjunan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon Babinsa Kelurahan Panjunan, Selasa (06/2).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar sadar tentang kebersihan lingkungan. Menurut Sertu Ambar, Babinsa yang notabene lebih dekat dengan masyarakat harus berusaha terus melakukan inovasi, salah satunya dalam mengelola sampah rumah tangga. Yang tadinya dibuang, saat ini harus bisa didaur ulang menjadi lebih bermanfaat.

“Babinsa harus bisa berinovasi, seperti mengolah smpah rumah tangga menjadi lebih bermanfaat,” jelasnya.

Pada Kesempatan yang berbeda, Komandan Koramil 1403/Lemahwungkuk Kodim 0614/Kota Cirebon Kapten Inf Kodrat menyampaikan pengolahan sampah tersebut nantinya bisa disulap menjadi produk kerajinan ataupun bisa bernilai ekonomis.

“Pemanfaatan sampah Rumah tangga yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan didukung rumah Inspirasi Kota Cirebon sangatlah bagus. Untuk itu, saya meminta semua anggota agar bisa segera dipraktekan di masing-masing wilayah binaannya,” tuturnya.

Kapten Inf Kodrat menambahkan, saat ini sudah ada contoh bank sampah yang dibuat oleh rumah inspirasi. Dengan begitu, dia berharap agar para Babinsa bisa memotori dibuatnya bank sampah lainnya di lingkungan binaan masing-masing. Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng lembaga pecinta lingkungan.

“Kita gerakan lagi bank-bank sampah. Masalah sampah ini menjadi prioritas. Kita kelola sampah mulai dari sampah rumah tangga. Pisahkan mana yang organik dan anorganik. Setidaknya hari ini kita bisa membantu mengurangi beban pemerintah daerah. Lakukan mulai dari yang terlihat oleh kasat mata. Kalau ada tempat pembuangan sampah yang tidak rapih, kita saja masyarakat untuk merapihkannya,” ungkapnya.(Juf/RJN)

Comment