oleh

Keraton Kanoman, Keraton Tersembunyi di Balik Pasar yang Tetap Ramai Dikunjungi

RakyatJabarNews.com – Momen libur lebaran benar-benar dimanfaatkan oleh warga untuk jalan-jalan bareng keluarga. Tempat-tempat wisata selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu dari dalam kota maupun luar. Seperti yang dialami oleh Keraton Kanoman, yang berada di Jl. Winaon Kampung Kanoman, Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Sejak lebaran, tempat ini selalu ramai dikunjungi.

“Antusias masyarakat dalam libur lebaran ini lumayan ramai. Pengunjungnya ada yang dari Magelang, Bekasi, Jakarta, Bandung, Bogor, dan lain-lain,” ujar Bapak Didin, salah satu pembantu keraton saat ditemui RakyatJabarNews.com, Rabu (28/6).

Yang unik dari keraton ini, letaknya tersembunyi di balik Pasar Kanoman. Jadi, kalau wisatawan mau mengunjungi Keraton Kanoman, harus memasuki kawasan Pasar Kanoman dulu.

Berbeda dengan keraton lainnya di Cirebon, yakni Keraton Kasepuhan yang membanderol harga tiket masuk, Keraton Kanoman tidak dipungut biaya masuk sama sekali.

“Tidak ada tiket masuk. Jadi pengunjung cuma isi buku tamu saja. Kalaupun mau kasih ya seikhlasnya,” ujar Didin.

Meskipun begitu, pengunjungnya tidak seramai pengunjung Keraton Kesepuhan yang memang sudah lama terkenal. Kendati demikian, pengunjung Keraton Kanoman sangat menikmati suasana di dalam keraton.

“Saya sangat suka sejarah Cirebon. Maka dari itu, saya ke sini setahun sekali juga alhamdulillah bisa mengenal lebih dalam sejarah Kota Cirebon,” ungkap Indah, pengunjung yang berasal dari Bekasi. (RJN)

Komentar

News Feed