Jelang Natal dan Tahun Baru, Daop 3 Cirebon Tambahkan 4 Rangkaian Kereta

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Menjelang datangnya liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT KAI kembali menyiagakan seluruh sarana, prasarana, dan SDM yang dimiliki untuk pelayanan dan memfasilitasi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman untuk menikmati liburan secara maksimal.

Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan, PT KAI siap melayani masyarakat secara maksimal dengan tetap menitikberatkan pada faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan kereta api. Adapun penetapan masa angkutan Natal dan tahun baru ini selama 17 hari, yakni dari tanggal 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018.

Bacaan Lainnya

“Di wilayah Daop 3 Cirebon diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 5% dari 119.923 penumpang di tahun 2016/2017 menjadi 126.231 penumpang tahun 2017/2018 dengan rata-rata kapasitas angkut harian 5.693 penumpang,” jelasnya saat ditemui awak media di Stasiun Kejaksan, Jl. Siliwangi Kota Cirebon.

Kris, sapaan akrabnya menambahkan, untuk bisa memberikan pelayanan secara maksimal, PT KAI Daop 3 Cirebon kembali mengoperasikan 4 rangkaian kereta api tambahan, yakni Cirebon Ekspres Fakultatif, Argo Jati Tambahan, Argo Jati Fakultatif, dan Senja/Fajar Utama Cn.

Dari aspek sarana pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini, Kris menjelaskan kalau PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 16 unit lokomotif dan armada kereta yang disiapkan berjumlah 80 unit serta 1 unit crane.

Sedangkan dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya PT KAI menyiagakan alat material untuk siaga (Amus) di daerah-daerah yang rawan bencana alam. Tenaga flying gank, Petugas Penilik Jalan (PPJ) Ekstra, Penjaga Jalan Lintas (PJL) Ekstra, dan petugas posko daerah rawan juga disiagakan di sepanjang lintas untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA. Total sebanyak 234 petugas yang disiagakan dengan rincian 34 personil PPJ Ekstra, 154 personil PJL Ekstra, 6 personil posko daerah rawan dan 40 personil pengamanan kewilayahan.

“Meskipun jumlah PJL ditingkatkan, PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang,” pungkas Kris.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *