oleh

Demiz: Sampah akan Menjadi Bumerang Jika tidak Diatasi dengan Baik

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menilai, jika permasalahan sampah di Cirebon tidak segera diatasi, maka akan menjadi bumerang. Hal tersebut diungkapkannya dalam kunjungannya ke Pasar Kanoman, Jl. Winaon Kota Cirebon, Jumat (9/3).

“Saat infrastruktur sudah siap, seperti Cipali, Cisumdawu, bandara internasional, maka weekend pasti akan penuh wisatawan dan sampah. Jadi, permasalahan sampah ini harus siap. Kali tidak, maka akan menjadi bumerang,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, maka dibutuhkan Tempat Pembuangan dan Pemprosesan Akhir Sampah (TPPAS) untuk wilayah Cirebon Raya, seperti yang ada di Legok Nangka Kabupaten Bandung dan Nambo di Bogor.

“Sampah di Cirebon Raya cukup banyak sekarang ini. Contohnya tentang bagaimana pengelolaan limbah medis di Panguragan itu enggak ada yang kontrol kan, itu nantinya bisa menjadi sumber penyakit,” ungkap pria yang akrab disapa Demiz tersebut.

Demiz menambahkan, juga dibutuhkan edukasi dan sumber daya manusia supaya bisa menghadapi permasalahan sampah tersebut dengan baik. Provinsi juga akan fasilitasi dengan penyediaan TPPAS regional untuk Cirebon Raya. Meskipun begitu, lanjutnya, urusan sampah itu kewenangan Pemda setempat.

“Pihak provinsi hanya memfasilitasi saja,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed