Demi Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Ekosistem Pesisir, Pemerintah Gelar Jambore Pesisir dan GBPL

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Untuk memberikan pendidikan dan pembelajaran bagi generasi muda tentang ekosistem pesisir dan modal pengelolaan yang baik, hal-hal yang dapat mengancam ekosistem pesisir, strategi mitigasi bencana pesisir dan adaptasi perubahan iklim, pemerintah mengadakan Jambore Pesisir dan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) sebagai aksi dari Gerakan Cinta Laut (Gita Laut).

Rencananya, acara ini akan berlangsung di Kota Cirebon tanggal 27-29 Oktober 2017. Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Ismail selaku pemateri dalam Rapat Koordinasi Persiapan Gita Laut 2017 tengah bertempat di Aula Pertemuan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN), Jl. Pelabuhan Perikanan No. 1 Kota Cirebon hari Senin (2/10).

“Kegiatan yang melibatkan generasi muda ini sengaja dipraktikkan agar secara langsung bisa melindungi dan melestarikan ekosistem pesisir dan laut,” tuturnya.

Peserta Jambore Pesisir tersebut berupa siswa/siswi SMA, Pramuka, Pecinta Alam, dan kelompok pemerhati lingkungan. Sedangkan bentuk kegiatannya adalah perkemahan Selma tiga hari, pelajaran terkait ekosistem, pelatihan pengolahan SDA Ekosistem Pesisir, pelatihan pengolahan sampah, dan lomba terkait lingkungan.

Sedangkan peserta acara GBPL sendiri adalah masyarakat nelayan, siswa-siswi SMA, dan kelompok pemerhati lingkungan. Kegiatannya adalah edukasi atau sosialisasi, pelatihan pengolahan sampah plastik, penanaman mangrove, dan pembersihan pantai dan laut.

Menurut Ismail, ada dua tempat yang akan dijadikan sebagai tempat Jambore Pesisir, yaiuty lapangan di Kelurahan Kesenden, dan lapangan di Kelurahan Panjunan.

“Berdasarkan kondisi dua lokasinya, direkomendasikan di Lapangan Kesenden, karena berumput. Sedangan yang ada di Kelautan Panjunan masih bertanah,” jelasnya.

Selain itu, tiap peserta juga akan mendapatkan seragam berupa kaos dan topi. Tak lupa juga ada spanduk-spanduk yang dipasang sebagai media untuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan generasi muda Aan fungsi dan pentingnya ekosistem pesisir,” pungkasnya.(Juf/RJN)

 

Redaksi menerima kiriman berita/artikel/video/foto amatir melalui email rakyatjabarnews@gmail.com, disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/artikel/video/foto akan melalui proses moderasi.

Comment