Cek 7 Fakta Ketupat Lambang Permintaan Maaf dan Sejak Abad 15

oleh -
Foto Istimewa: Ketupat Lebaran.

Serba-serbi РKetupat adalah hidangan yang selalu ada kala Lebaran. Berikut fakta menarik ketupat yang harus kamu ketahui.

Ketupat adalah makanan yang diolah dari beras yang dimasukkan ke dalam selongsong ketupat dan direbus dalam waktu yang lama. Umumnya, ketupat disajikan bersama sayur labu, sambal goreng kentang, dan rendang.

Berikut beberapa fakta menarik ketupat:
1. Lambang permintaan maaf
Ketupat sendiri ternyata menyimpan banyak makna dan arti. Semuanya merujuk pada pesan Lebaran yang penuh dengan pengampunan dan permintaan maaf atas semua kesalahan lahir dan batin.

Ketupat bermakna keseimbangan alam dalam empat arah mata angin utama, timur, selatan, barat, dan utara dengan satu pusat. Hal lainnya juga berarti bahwa sekalipun manusia pergi ke mana pun, namun akan kembali pada satu pusat yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

2. Empat sisi ketupat punya arti
Bentuk belah ketupat dengan empat sisinya diasumsikan sebagai empat macam nafsu yang dimiliki manusia yang dikalahkan dengan berpuasa. Sedangkan anyaman kulit ketupat ini juga dianggap sebagai gambaran jalan hidup manusia yang rumit dan berliku.

3. Siapa yang memperkenalkan ketupat?
Mengutip berbagai sumber, tradisi ketupat ini berawal dari penyebaran agama Islam di pulau Jawa oleh Sunan Kalijaga.

Dia menjadikan Ketupat sebagai budaya dan filosofi Jawa yang berbaur dengan nilai keislaman. Saat itu terdapat upaya membaurkan pengaruh budaya Hindu pada nilai keislaman, sehingga ada akulturasi budaya antara keduanya.

Sunan Kalijaga membagikan Ketupat sebagai sarana untuk berdakwah menyebarkan agama Islam. Ini menjadi pendekatan budaya oleh Sunan Kalijaga untuk mengajak orang Jawa untuk memeluk agama Islam pada kala itu. Tradisi Ketupat ini menjadi melekat di Indonesia sebagai hidangan Lebaran.

Berita Rekomendasi

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.