oleh

Cegah Banjir, Tanggul Sungai Cimanuk Dibangun Benteng Darurat

RJN, Indramayu – Sebagai langkah mencegah terjadinya banjir, tanggul Sungai Cimanuk di Blok Bedahan Desa Jatisawit, Kecamatan Jatibarang diberi tumpukan karung bronjong berisi tanah liat.

Karung-karung tersebut ditumpuk oleh jajaran Polres Indramayu, Kamis (16/1/2020), sebagai ‘benteng’ darurat guna memperkuat tanggul yang kondisinya longsor dan retak.
Atas kondisi tersebut, dikawatirkan tanggul tidak bisa menahan air sungai Cimanuk saat musim hujan. Terlebih manakala curah hujan di wilayah hulu sungai tinggi sehingga membuat air sungai meluap.
Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto melalui Paur Humas Polres Indramayu IPDA Moch. Adi Prihanto menjelaskan, kegiatan bhakti sosial tersebut juga diikuti oleh personel TNI, perangkat pemerintah Desa dan masyarakat Desa Jatisawit, serta tagana.
Aksi sigap penanggulangan bencana itu dilakukan Polres Indramayu sebagai tindaklanjut dari hasil rapat koordinasi Muspika Kecamatan Jatibarang dan pemetaan lokasi rawan bencana dalam upaya penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Jatibarang.
“Bronjong batu dan tanah liat untuk menguatkan tanggul dan penahan longsor,” kata Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto melalui Paur Humas Polres Indramayu Ipda Moch. Adi Prihanto.
Dengan upaya tersebut, pihaknya berharap kondisi tanggul dan tembok penahan tanah semakin kuat, sehingga tidak terjadinya banjir karena tanah longsor maupun tanggul jebol yang dampaknya akan membanjiri pemukiman masyarakat serta areal persawahan.
“Karung berisi tanah disusun menumpuk di areal lokasi rawan longsor,” tandasnya. (gie/rjn)

Komentar

News Feed