Bom Aktif Ditemukan di Kantor Kelurahan, Pegawai Heboh

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Pegawai Kelurahan Pekalangan Kecamatan Kesambi mendadak menjadi panik dan heboh akibat ditemukannya sebuah bom aktif jenis ranjau laut yang siap meledak di halaman kantor yang terletak di Jl. Kembar Kota Cirebon hari Kamis (28/9) sekitar jam 10.00 WIB.

Bom pertama kali ditemukan petugas pengambil sampah kelurahan dan petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cirebon. Awalnya mereka tidak menduga pada saat mengambil sampah di depan kantor kelurahan, tiba-tiba menggelinding sesuatu yang mencurigakan yang belakangan diketahui merupakan bom ranjau laut.

Temuan itu pun lalu dilaporkan kepada Lurah Pekalangan, Ny. Herni untuk kemudian diteruskannya kepada petugas Babinsa dan Babinkamtibmas setempat. Sebelum petugas datang, tak satupun yang berani menyentuh benda berbahaya tersebut.

“Saya sedang ada kegiatan di luar, lalu Pak Seklur telepon kalau di kantor ada penemuan benda diduga bom. Saya kaget dan langsung kembali ke kantor. Saya pun melaporkannya kepada aparat,” ungkap Herni.

Menurut Babinsa setempat, Serda Boris, mengatakan bahwa benda tersebut sejenis ranjau laut dengan berat 2 kg dan diameter 10 cm. Dirinya kemudian melaporkan temuan bom yang tercecer sampah itu ke Koramil Harjamukti.

“Sebelum petugas khusus tiba di lokasi, kami mengamankannya dengan cara memasukannya ke ember yang sudah diberi pasir. Tujuannya agar lembab dan tidak goncang. Apabila kena tekanan, pemantik bisa meledak. Kekuatannya bisa meledakan sedikitnya 20 rumah. Karena memang di dalamnya ada kumparan/seebui dan detonator aktif,” katanya.

Saat ini, benda berbahaya tersebut sudah diamankan di Makodim Kota Cirebon.(Juf/RJN)

Comment