oleh

BI Cirebon Sapa Kaum Milenial di SMAN 1 Palimanan

RJN,Cirebon – Bank Indonesia (BI) Cirebon menyapa dan berinteraksi langsung dengan pelajar di SMAN 1 Palimanan. Kelompok milenial yang dibidik merupakan generasi penerus yang menjadi kekuatan ekonomi daerah. Mereka mendapat materi langsung dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon Fadhil Nugroho mengenai fungsi dan tugas bank sentral.

Selain itu, Siswa juga diberikan pemahaman mengenai tugas Bank Indonesia dalam memelihara kestabilan nilai rupiah baik terhadap barang maupun jasa yang tercermin dari laju inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.


Kepala KPwBI Cirebon Fahdil Nugroho mengatakan, penting bagi kaum milenial untjk mengenal sistem perekonomian Indonesia melalui Bank Sentral, karena mereka akan menjadi pelaku sekaligus penerus pilar kekuatan ekonomi bangsa ini.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas Bank Indonesia khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini,” katanya, Kamis (1/8/2019).

Ia melanjutkan, interaksi bersama kaum milenial di Kabupaten Cirebon sendiri merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Bank Indonesia ke-66 dan HUT Republik Indonesia ke-74.

“Bank Indonesia melaksanakan Program “BI Mengajar” yang dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia selama akhir Juli sampai awal Agustus 2019. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon sendiri, dengan wilayah kerja Ciayumajakuning tahun ini memilih SMA Negeri 1 Palimanan,” imbuhnya.

Fadhil mengimbau, siswa SMAN 1 Palimanan untuk dapat berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi digital. “Generasi muda seyogyanya tidak hanya puas dengan mengambil peranan sebagai pengguna produk digital, namun juga sebagai developer aplikasi digital,” ujarnya.

Dalam menggunakan teknologi siswa juga diharapkan mampu lebih bijaksana, tidak mudah termakan hoax dan dapat menyalurkan edukasi positif penggunaan teknologi digital kepada lingkungan sekitarnya.

Pihaknya pun meminta, para Siswa dapat menjadi agen komunikasi muda khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon, yang mampu mengajak masyarakat mencintai uang rupiah dengan cara memperlakukan uang rupiah sesuai ketentuan yang dituangkan dalam UU Mata Uang.

“Generasi milenial adalah perpanjangan tangan dari bank sentral bagi masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai uang rupiah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon juga secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial kepada :

SMA Negeri 1 Palimanan – 1 (satu) set proyektor

MTs Buninagara Malausma Majalengka – 1 (satu) set proyektor

PAUD Cinta Bunda Desa Kalimati Kuningan – 3 buah Alat Permainan Edukatif Luar dan 1 set Alat Permainan Edukatif Dalam

Madrasah Nurul Huda Kuningan – Bantuan Pembangunan Musholla. (Juan)

Komentar

News Feed