Bawaslu Kota Cirebon Nyatakan Nasrudin Azis tak Melanggar Regulasi Pemilu

oleh -

RJN, Cirebon – Bawaslu Kota Cirebon menghentikan proses pemeriksaan terhadap Nasrudin Azis setelah tidak menemukan pelanggaran oleh Wali Kota Cirebon itu saat menghadiri deklarasi dukungan kepada pasangan capres/cawapres nomor urut 01 , beberapa waktu lalu.

Keputusan ini didapatkan setelah Bawaslu mengkonfirmasi langsung kepada Azis. Pemeriksaan ini sesuai dengan Peraturan Bawaslu No 7/2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum.

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, M Joharudin mengatakan, Jumat (1/2/2019) lalu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada Nasrudin Azis di rumah dinasnya dan hasilnya tidak menemukan pelanggaran Pemilu seperti yang disangkakan sejumlah pihak.

“Dari keterangan yang disampaikan beliau, hasil penelusuran kami menyimpulkan tidak dapat ditindaklanjuti sebagai pelanggaran,” jelas Joharudin, Rabu (6/2/2019).

Joharudin menyatakan, pemeriksaan yang dilakukan di rumah dinas merupakan tindak lanjut yang kedua, karena pada panggilan yang pertama Azis tidak datang. Pemeriksaan dilakukan di rumah dinas Azis, kata Joharudin, tak melanggar aturan karena tertuang dalam aturan Bawaslu No 7/2018.

“Sesuai Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2018, permintaan keterangan bisa dengan cara diundang atau kami datangi. Jumat lalu itu sebenarnya kami undang, tapi karena yang bersangkutan sakit, akhirnya kami yang ke rumdin,” ungkapnya.

Selain meminta keterangan Azis, Bawaslu juga melengkapi data dengan meminta dokumen terkait kegiatan deklarasi tersebut. Selain Azis, Ketua Timsus 19.01 yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin sekaligus ketua pelaksana kegiatan deklarasi, Moch. Arief, juga turut dimintai keterangan maupun dokumen.

“Dari situ, secara normatif tidak ada pelanggaran, baik pidana maupun administratif pemilu yang harus ditindaklanjuti Bawaslu Kota Cirebon,” pungkasnya. (gie/rjn)

Berita Rekomendasi

Comment