Baru Satu Kecamatan yang Sudah ODF di Kabupaten Cirebon

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Ada 40 Kecamatan di Kabupaten Cirebon, namun baru ada satu Kecamatan yang sudah ODF (Open Defscation Free), yakni Kecamatan Sedong. Hal tersebut diungkapkan oleh Camat Sedong, Ade Sutardi.

“Masyarakat di Kecamatan Sedong ini luar biasa guyub, masih tertanam budaya bergotong royong serta disiplin. Selain itu, tiap desanya juga selalu berlomba menjadi yang terbaik, semisal Desa Winduhaji yang merupakan desa pertama meraih ODF. Setiap tahunnya selalu ada 1 sampai 3 Desa yang meraih ODF,” jelasnya, Kamis (19/7).

Masih menurut Ade, keberhasilan Kecamatan Sedong meraih predikat kecamatan bebas ODF merupakan hasil kerja keras dari UPTD Kesehatan Puskesmas Sedong, serta para kader PKK juga dari 10 Pemerintah Desa yang ada di Kecamatan ini.

“Maka dari itulah, Kecamatan Sedong diganjar predikat kecamatan bebas ODF pertama di Kabupaten Cirebon. Ini merupakan hasil kerja keras setiap komponen yang ada di Kecamatan Sedong, Puskesmas, PKK serta Pemerintah Desa,” jelasnya.

Ditambahkan Ade, setelah menjadi Kecamatan yang pertama meraih penghargaan ODF dari Pemerintah Daerah Kabupeten Cirebon, maka tugas selanjutnya adalah menjadikan kecamatan bebas asap rokok.

“Jika melihat kemungkinan, maka Desa Panongan di mana kepala desanya kebetulan tidak merokok, maka akan dimulai dari lingkup kerja di pemerintah kecamatan, serta desa yang kuwunya tidak merokok,” punkasnya.(Ymd/RJN)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.