Aktivitas Penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati

  • Whatsapp

RJN, Majalengka – Aktivitas Penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, tak terganggu peristiwa kebakaran lahan di kawasan tersebut pada Sabtu (28/9/2019).

Kapolsek Kertajati Polres Majalengka Iptu Yayat Hidayat belum bisa memastikan penyebab kebakaran lahan di kawasan yang lokasinya tak jauh dari BIJB atau Bandara Kertajati.

Bacaan Lainnya

Diketahui sekitar jam 16.40 Wib, telah terjadi kebakaran di areal lahan BIJB. Api pertama kali diketahui di Pos 2 blok Pajaten dari luar pagar ram kawat pembatas. Api semakin besar karena tiupan angin dan akhirnya meluas hingga sekitar areal lahan BIJB.

“Melihat kebakaran personel Polsek Kertajati, langsung dengan sigap memadamkan api menggunakan peralatan seadanya, dan sampai pukul 19.30 Wib Pemadam Kebakaran datang langsung bertindak memadamkan api dibantu personel Polsek Kertajati dan warga,” jelas Iptu Yayat.

“Kebakaran terjadi diduga akibat ada yang membuang puntung rokok yang masih menyala ke tengah ilalang,” ujarnya.

“Warga kami imbau waspada terhadap bahaya kebakaran, jangan membuang puntung rokok yang masih menyala di tempat yang rawan kebakaran,” imbau Kapolsek.

Namun begitu, Kapolsek menegaskan, untuk penyebab pasti kebakaran sejauh ini belum diketahui. Termasuk berapa besar kerugian yang diakibatkan kebakaran lahan ini.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Majalengka Agus Permana mengatakan kebakaran yang terjadi di sekitar BIJB mencapai sekitar 20 hektare. “Kebanyakan semak-semak belukar, ilalang atau rumput liar,”

Pantauan di lapangan, pukul 20.50 WIB api baru padam, sementara aktivitas bandara normal seperti biasanya.

(kii/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *