oleh

Warga Cirebon Ngabuburit Melihat Rusa Tutul di Gedung Negara

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Di Bulan Ramadhan ini, aktivitas ngabuburit di sore hari memang sudah menjadi tradisi. Orang-orang pergi keluar entah itu sama keluarga, teman, saudara, kekasih, dan lain-lain hanya untuk menikmati suasana di sore hari sekaligus menunggu waktu berbuka puasa.

Tempatnya pun bisa di mana saja, entah itu di mall, pantai, pinggir jalan, taman, dan lain-lain. Di Kota Cirebon, tepatnya di daerah Krucuk, terdapat spot ngabuburit yang unik, yakni menikmati sekumpulan rusa tutul.

Rusa-rusa tersebut berada di komplek halaman Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah III Cirebon atau dikenal juga dengan Gedung Negara yang beralamat Jl. Siliwangi Krucuk Kota Cirebon. Di lahan sekitar 200 meter persegi serta dikelilingi pagar, rusa-rusa tersebut bisa berteduh di pohon mangga yang rindang dan juga rumput yang hijau.

Yang unik dari rusa tersebut, terdapat titik-titik berwarna putih, sama seperti rusa yang berada di Istana Presiden di Kota Bogor, sehingga dinamakan Rusa Tutul. Hal tersebut dikarenakan rusa-rusa di sini memang pindahan dari yang berada di Istana Presiden di Bogor.

Menurut Muhamad Jupri (28), salah seorang warga Panjunan, Lemahwungkuk Kota Cirebon, ngabuburit di tempat ini cukup unik, dan tidak ditemukan di tempat lain, kecuali Bogor. Apalagi, tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

“Tiap ngabuburit, kebetulan saya Dateng ke sini bareng teman-teman. Tempatnya asyik dan unik saja bisa melihat sekumpulan rusa,” terangnya saat ditemui RakyatJabarNews.com, Minggu (27/5).

Menurut warga lainnya, Nurul (41) asal Cangkring, Kota Cirebon menjelaskan, kalau dia bersama anaknya Kirana (6) sengaja datang ke tempat tersebut karena untuk jalan-jalan sekalian menunggu waktu berbuka puasa.

“Ke sini untuk lihat rusa tutul aja mas, karena anak ingin lihat,” jelasnya.

Selain melihat rusa, lanjut Nurul, dirinya beserta sang anak bisa memberikan pakan rusa tutul berupa sayuran kangkung atau wortel yang dijual oleh para pedagang dadakan yang ada di sekitar area taman rusa. Kangkung tersebut dibanderol dengan harga Rp 1.000, sedangkan wortelnya Rp 2.000.

Mengingat tingginya antusias warga untuk melihat rusa, tidak berbanding dengan tempat yang disediakan. Berdasarkan pantauan RakyatJabarNews.com, warga tidak diperkenankan untuk memasuki areal halaman Gedung Negara untuk melihat rusa. Jadi, warga terpaksa melihat rusa dari trotoar yang berbatasan langsung dengan pagar tempat rusa berada.

Selain itu, juga tidak terdapat lahan parkir yang memadai sehingga banyak kendaraan warga yang terparkir di pinggir jalan raya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed