TMMD ke-101 Dimulai dengan Rutilahu dan Pembangunan 4 Unit Poskamling

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Sejak dibuka oleh Pangdam III Siliwangi dan Pemerintah Kabupaten Cirebon hari Rabu (4/4) lalu, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kodim 0620/Kab Cirebon di Desa Gembongan Mekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, dimulai dengan melaksanakan pembongkaran rumah tidak layak huni (Rutilahu) milik warga dan pembangunan empat unit Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling), Jumat (6/4).

Adapun anggota Satgas TMMD ke-101 Kodim 0620/Kab Cirebon yang diterjunkan terdiri dari Anggota Kodim 0620/Kab Cirebon, Yon Arhanudri 3 Kodam III/Siliwangi, Yon Arhanudse 14 Kodam III/ Siliwangi, Lanal Cirebon, Lanud S. Sukani, Anggota Den C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, dan masyarakat Desa Gembongan Mekar.

Bacaan Lainnya

Menurut Dansatgas TMMD ke-101 Kodim 0620/Kab Cirebon Letkol Inf Irwan Budiana SE MM melalui Koordinator Media Center TMMD Kapten Arm Sarmin, program TMMD merupakan program Lintas Sektoral Kementerian non Departemen bersama TNI, Pemerinth Daerah, dan masyarakat sebagai langkah untuk mempercepat pembangunan di pedesaan.

“Program TMMD merupakan kegiatan dalam bidang fisik dan non fisik. Program fisik biasanya yang terkait dengan pembangunan Infrastruktur, sementara non fisik biasanya terkait dengan penyuluhan maupun pelatihan,” jelas Kapten Arm Sarmin.

Kapten Arm Sarmin melanjutkan, program TMMD dalam bidang fisik yang dipusatkan di Desa Gembongan ini, adalah program Rutilahu dan pembangunan Poskamling. Dalam program RutiLahu ini, rumah tak layak huni milik seorang warga akan dibongkar. Kemudian, akan dibangun kembali.

“Sehingga, ketika di waktu yang ditentukan Rutilahu sudah kelar, bisa langsung ditempati oleh yang bersangkutan,” jelasnya.

Sedangkan untuk pembangunan Poskamling, menurut Kapten Arm Sarmin, terlebih dahulu akan dilakukan pembongkaran bangunan yang lama. Selanjutnya, empat Poskamling baru akan dibangun kembali dengan yang lebih permanen.

“Estimasi kegiatan TMMD ini sekitar 30 hari, sejak dibuka sama Pangdam III Siliwangi dan Pemkab Cirebon hari Rabu lalu, hingga nanti tanggal 2 Mei,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *