Siap Bangun GITET 500 kV Cibatu Baru , PLN Dukung Investasi dan Geliat Industri di Bekasi dan Sekitarnya

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Bekasi – PT PLN (Persero) melalui unit usahanya, Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (UIP JBT II) memastikan pembangunan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Cibatu Baru. Hal ini ditandai dengan diserahkannya lahan pembangunan GITET Cibatu Baru dari PT Puradelta Lestari kepada PLN UIP JBT II hari ini.

GITET berkapasitas 1000 MVA ini akan dibangun di atas lahan seluas hampir 12 hektar di kawasan Deltamas di Desa Sukamukti, Kecamatan Bojong Mangu, Bekasi Jawa Barat. Lokasi ini merupakan kawasan industri di Kabupaten Bekasi dan sekitarnya, khususnya kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) milik PT Puradelta Lestari.

Menurut General Manager PLN UIP JBT II, Amihwanuddin, pemilihan lokasi ini selain dekat dengan pusat beban kelistrikan di kawasan industri, juga karena dekat dengan jalur existing SUTET 500 kV, sehingga sangat strategis dan efektif dalam melayani kebutuhan pelanggan.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin yang ditemui di lokasi mengatakan bahwa selain untuk menyuplai kawasan industri, kehadiran GITET ini nantinya akan memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali dengan penambahan kapasitas daya listrik yang dikirim melalui SUTET 500 kV dari PLTU Indramayu 2 x 1000 MW yang saat ini juga sedang dibangun.

Menurutnya, pembangunan sudah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu. Beberapa fondasi dan gardu induk udah dikerjakan, bahkan ada yang udah dicor. Pembangunan ditargetkan selesai akhir Desember 2018.

“Iklim investasi yang memang sedang bergeliat di Jawa Barat akan kami dukung sepenuhnya, GITET ini akan menjadi penghubung suplai listrik diantranya ke kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Trans Hexa Karawang (THK), Pinayungan dan kawasan Teluk Jambe. Bahkan juga akan memperkuat sub sistem kelistrikan Cibatu Baru untuk pengembangan kawasan pemukiman dan pelanggan umum melalui trafo-trafo interbus yang nantinya akan disalurkan dari GITET ini,” lanjut Amir.

GITET 500 KV Cibatu Baru dibangun dengan scoupe pekerjaan dari Sisi 500 kV dengan kapasitas 1000 MVA (6 X 167 MVA) dan Sisi 150 kV yang terdiri dari 2 X IBT, 8 X T/L Bays, 2 X Trafo bays, dan 2 X Bay Couple
GITET 500 kV Cibatu Baru memotong SUTET 500 KV Cibatu Lama – Cirata dan disiapkan untuk mendapat pasokan listrik dari PLTU Indramayu 2 X 1000 MW melalui SUTET 500 kv Indramayu – Cibatu Baru.(Ziz/RJN)

Comment