Sentra Produk Mangga Terbesar di Kabupaten Cirebon Dilirik Bank Asal Arab Saudi

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Suwarno, Kepala UPT Pertanian Sindanglaut mendatangkan Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, untuk secara langsung memberikan sosialisasi peluang hasil produksi para petani mangga untuk ekspor ke berbagai negara, seperti Singapura, Jepang, dan negara-negara Timur Tengah yang memiliki permintaan tinggi untuk ekspor buah-buahan tropis, khususnya jenis mangga.

“Khusus di bidang buah mangga di Desa Belawa, bisa meningkatkan kualitas hasil produksi mangga yang bisa bersaing di kancah internasional,” jelasnya saat ditemui sesusai acara sosialisasi kepada para petani mangga di parkiran Objek Wisata Kura-Kura Belawa, Selasa (10/4).

Masih menurut Suwarno, sebetulnya peluang ke depan akan difasilitasi oleh Bank IDB International Development Bank mulai 2019, yang akan membantu para petani khusus di Desa Belawa dan petani di Kabupaten Cirebon dalam hal bantuan dari awal pembibitan, perawatan, hingga produksi dan ekspor ke berbagai negara tujuan ekspor.

“Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon sudah membuat MoU dengan Internasional Development Bank (IDB) yang akan kami laksanakan pada awal tahun 2019 selama 5 tahun dalam pengembang dan peningkatan produksi mulai dari pembibitan, pemeliharaan sampai pada produksi akan dibiayai oleh IDB,” terangnya.

Dirinya berharap para petani mangga tidak menggunakan obat kimia secara berlebihan, dan siap mendorong kelompok Mangga Mulya pimpinan Pak Dadan agar pengguna obat nabati yang berasal dari unsur buah-buahan terus diproduksi. Sedangkan untuk pengecekan hasil lab, dirinya akan fasilitasi agar kandungan unsur kimia tidak membahayakan konsumen.

“Kami juga mendorong kelompok Mangga Mulya dalam penggunaan obat nabati agar penggunaan obat kimia tidak berlebihan, dengan tujuan hasil produksi mangga aman di konsumsi oleh masyarakat atau konsumen,” tuturnya.

Selain itu, Suwarno juga sangat berharap pada para petani mangga di sini supaya bisa mengambil peluang agar bisa ekspor untuk meningkatkan hasil produksi dan bisa menjadi cara peningkatan perekonomian bagi masyarakat, khususnya para petani mangga di Kabupaten Cirebon.

“Peluang sudah terbuka untuk hasil produksi mangga, dan kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon akan memfasilitasi para petani agar hasil produksi meningkat baik secara quantity maupun quality,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Comment