Satuan Sabhara Polres Garut Gelar Latihan SAR

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Garut – Satuan Sabhara Polres Garut menggelar latihan Search And Rescue (SAR) di Situ Bagendit, Senin (18/12). Latihan tersebut menurut Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, S.IK, guna meningkatkan kemampuan seluruh jajarannya sesuai tupoksi dan tanggung jawab masing-masing.

“Pelatihan tersebut sengaja digelar,” jelas Kapolres. Hal itu sebagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi kemungkinan datangnya bencana banjir yang terjadi menjelang libur panjang sekolah, Natal serta Tahun Baru, khususnya di wilayah hukum Polres Garut.

Latihan kebencanaan tersebut dipimpin Kasat Sabhara Polres Garut, AKP Dudi Tisna Irawa. Yang diikuti oleh Personel Satuan Sabhara Polres Garut.

Dalam kesempatan tersebut para personel dilatih untuk melakukan penyelamatan dengan menggunakan perahu kano. Sementara materi latihan dasar yang dilakukan diantaranya, teknik cara menaiki perahu kano, cara menolong korban yang tenggelam menggunakan dua perahu kano dan dua perahu kayak, serta teknik bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air.

Kasat Sabhara Polres Garut mengatakan, Latihan Search And Rescue (SAR) digelar untuk meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana banjir, sekaligus persiapan Operasi Lilin Lodaya 2017 menjelang Natal dan Tahun Baru.  Yang nantinya akan difungsikan untuk melaksanakan patroli di daerah-daerah banjir, sehingga petugas mampu memberikan pertolongan evakuasi korban bencana. (red/RJN)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.