oleh

RE dan Tri Meresmikan Jembatan Caman

RJN, Bekasi – Jembatan Caman.Jembatan Caman yang telah rampung telah di resmikan oleh Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi dan hadir juga Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto serta rombongan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Pj. Sekda Kota Bekasi, Widodo Indrijantoro, Kepala Bkppd, Reny Hendrawaty dan segenap ASN lingkup Pemerintah Kota Bekasi.

Wali Kota menerangkan pembuatan jembatan ini karena sering terjadinya macet parah pada simpang 5 Jatibening, diharapkan bisa meminimalisir persoalan macet di area ini.

Jembatan sepanjang 75 meter dengan lebar 10,5 meter itu dibangun menggunakan dana APBD senilai Rp 46,4 miliar, dan rampung dalam kurun waktu 2 tahun.

Wali Kota Bekasi, Dr.Rahmat Effendi mengatakan pembangunan jembatan layang tersebut untuk mengurai kemacetan di daerah simpang lima Caman Kota Bekasi. Sebab, di jalur macet itu, ada penyempitan jalur tepat berada di jembatan. Petugas Dinas Perhubungan dan polisi lalu lintas, kata Wali Kota Bekasi, kerap merasakan kewalahan di jam-jam sibuk “Sekarang kemacetan sudah terurai, ini merupakan hasil dari sebuah proses pembangunan,” ujarnya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sangat optimistis operasional proyek infrastruktur duplikasi Jembatan Layang Jalan Caman , Kecamatan Pondok Gede dapat meminimalisasi titik kemacetan yang ada di Kota Bekasi.

“Minimal dari 19 titik kemacetan yang saat ini ada di Kota Bekasi, bisa hilang dengan operasional duplikasi jembatan ini, sebelumnya ada jembatan Jatiwaringin, juga sudah beroperasi,” ujar Wali Kota Bekasi.

Dijelaskan dari DBMSDA, Ada 6 sisi Penerangan Jalan Umum sisi oprit selatan dan di bantu dengan lampu high mast untuk mengakomodir simpang 5 Caman, Panjang jembatan utama 80 m 

Kontruksi jembatan lantai jembatan beton dengan perkerasan lentur di finishingnya. Panjang oprit selatan 90m 

Kontruksi menggunakan dinding multi blok dengan finishing perkerasan atas menggunakan aspal, Kelengkapan jembatan utama

Selain itu, terdapat security fence dan rilling untuk melindungi pejalan kaki di trotoar dan tol. Panjang pelebaran sekitar 52m, Untuk sisi barat menggunakan kontruksi perkerasan lentur (aspal) dengan lebar variasi, 

Dikatakan untuk panjang kontruksi hampir sampai 130m dan Pelebaran sisi Utara jembatan menggunakan kontruksi kaku dengan panjang 82 m lebar 3,5m.

Subagiyo, salah seorang pengendara yang melintas di lokasi tersebut mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan diresmikannya duplikasi jembatan layang Caman.

” Akhirnya diresmikan, Alhamdulillah dan sangat bersyukur dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Terimakasih kepada Pemerintah Kota Bekasi yang telah memberikan kemudahan bagi masyarakat. Tadinya sering macet dengan diresmikannya jembatan ini, arus lalu lintas jadi lancar,” tutupnya.(ziz/rjn)

Komentar

News Feed