oleh

Rawan Diare dan ISPA, Ini Komentar Kabid P2P Dinkes Kabupaten Cirebon

RJN, Cirebon – Masih tingginya angka penyakit Ispa dan Diare yang menjangkiti masyarakat Kabupaten Cirebon diduga akibat masyarakatnya belum menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Prilaku masyarakat dan buruknya lingkungan yang kotor menjadi penyebab.

Perlu digaris bawahi jika masyarakat tidak mau merubah pola hidup maka sampai kapan pun penyakit Ispa dan Diare akan tetap menjadi masalah.

Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mendorong masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat, maka bisa menakan penyakit Ispa dan Diare, “ungkapnya Nanang Ruhyana Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon pada rakyatjabarnews.com saat dihubungi melalui pesan aplikasi WhatsApp, Jumat (30/11/2018).

Lebih lanjut Nanang menjelaskan program dari Dinas Kesehatan sudah bergulir salah satunya program Open Defecation Free (ODF) karena kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi oleh kesehatan lingkungan itu sendiri.

“Khusus untuk kasus ISPA dan Diare pengaruh terbesarnya dari kesehatan lingkungan, “jelasnya.

Masih menurut Nanang jika masyarakat masih BAB sembarangan dan tidak berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), maka sampai kapanpun akan tetap menjadi momok.

“ODF adalah solusi yang tepat untuk menekan penyakit diare dan PHBS bisa menekan penyakit ISPA dengan rumah yang sehat dan lingkungan yang sehat pula, “tandasnya. (ymd/rjn)

Komentar

News Feed