oleh

Rana Suparman Terancam Lengser dari Posisi Ketua DPRD Kuningan?

RJN, Kuningan – Pascapelaksanaan Konfercab PDI Perjuangan, posisi Ketua DPRD Kabupaten Kuningan yang kini dijabat oleh Rana Suparman dikabarkan terancam. Sebab, jabatan sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kuningan kini berpindah tangan kepada Acep Purnama yang juga menjabat Bupati Kuningan.

Rana Suparman harus rela kehilangan jabatan struktur partai sebagai ketua, atas keputusan DPP PDIP yang menghendaki pergantian pimpinan partai di daerah khususnya Kabupaten Kuningan. Bahkan, sejumlah nama juga dikabarkan berpeluang kuat menduduki jabatan ketua dewan di antaranya Dede Sembada, Nuzul Rachdy, dan Tresnadi.

“Kalau itu sih masalah terancam atau gak nya, menurut saya tidak ya. Karena posisi Ketua DPRD itu sama dengan Ketua DPC yang ditentukan oleh DPP Partai,” kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Kuningan, Melly Puspita, Selasa (16/7/2019).

Bahkan menurutnya, semua anggota dewan dari PDIP yang kini terpilih di legislatif memiliki peluang sama menjadi ketua dewan. Sebab, keputusan rekomendasi sebagai ketua dewan ada di tangan pengurus pusat.

“Iya sama, semua berpeluang. Tapi tetap keputusan ada di DPP PDIP, track record orang itu juga dilihat oleh DPP, raihan suara saat Pileg mungkin juga dilihat,” ucapnya.

Oleh sebab itu lanjutnya, keputusan untuk menentukan siapa yang layak menjabat ketua dewan kembali kepada keputusan DPP PDIP. Sehingga kewenangan untuk siapa yang dipilih menjadi ketua dewan tetap menjadi ranah DPP PDIP.

Sementara itu, pemerhati politik daerah, Saefuloh, menilai, bahwa jabatan ketua dewan menjadi posisi strategis dalam mendukung program pemerintah daerah. Oleh sebab itu, sosok pimpinan dewan juga akan berpengaruh terhadap suksesi visi misi pemerintah daerah.

“Jadi sosok ketua dewan mungkin orang yang betul-betul bisa memperkuat program pemerintahan. Apalagi ketua partainya itu kan Pak Bupati sendiri, jadi nanti harus bisa sejalan dan satu visi dalam menjalankan roda pemerintahan kedepan,” tutupnya.

(*)

Komentar

News Feed