oleh

PK KNPI Kaliwedi Peringati Hari Musik dan Panggung Budaya

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Untuk mewadahi kreativitas pemuda, Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Kaliwedi menggelar acara Peringatan Hari Musik dan Panggung Budaya se-Kecamatan Kaliwedi, yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Kaliwedi, Jl. Raya Ki Gesang Kaliwedi, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Rabu (14/3).

Pada penyelenggaraan acara tersebut, PK KNPI Kaliwedi bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan, mahasiswa KKN Unswagati, dan didukung oleh beberapa komunitas photography dan komunitas budaya. Acara ini juga merupakan kerjasama dari Forkoci (Forum Kerukunan Komunitas Cirebon) dan PPK Kaliwedi Kabupaten Cirebon.

Menurut Ketua PK KNPI Kecamatan Kaliwedi Mahfudin mengatakan, kegiatan ini digelar semata-mata hanya untuk memberikan ruang dan tempat bagi pemuda di Kecamatan Kaliwedi yang ingin menampilkan kreativitas seni dan musiknya,

“Dengan mengangkat kata-kata dari filsuf ternama, Plato, music gives a soul to the univers, wings to the mind, flight to the imagination, and life to everithing. Dan semoga bisa menjadi spirit dalam mengembangkan lagi bakat seni musik yang memang banyak digemari oleh pemuda di kaliwedi,” tutur pria yang akrab disapa Babeh tersebut.

Sedangkan menurut Ketua Umum DPP Forkoci Maryadinata sangat menyambut baik kegiatan tersebut, apalagi dalam peringatan Hari Musik Nasional. Karena, hal tersebut bisa bertujuan untuk lebih menghargai para musisi beserta karyanya.

“Hal ini sangat penting agar menumbuhkan semangat lagi dalam bermusik dan meraih prestasi pada tingkat daerah, nasional, bahkan internasional,” jelas pria yang akrab disapa Kang Arya ini.

Arya menambahkan, apresiasi ini bukan hanya ditujukan kepada para musisi yang masih eksis saja, tetapi juga kepada para musisi atau maestro yang telah wafat. Dan juga mendukung karya-karya musisi lokal serta warisan musik tradisional daerah.

“Kalau diperingati dan dimaknai secara mendalam, maka musik adalah ekspresi budaya yang universal dan mempresentasikan nilai kemanusiaan, ikut berperan serta dalam pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam Keppres no. 10 tahun 2013,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed