oleh

Pesona Objek Wisata Cibulan Dijamin Memanjakan Libur Lebaran Anda

RJN, KUNINGAN – Sejak dulu, banyak wisatawan yang memilih berlibur di Kabupaten Kuningan, khususnya pada akhir pekan. Hawa yang sejuk ditambah banyaknya objek wisata, membuat banyak wisatawan memilih merencanakan liburan ke sejumlah lokasi wisata di kota kuda.

Terlebih mayoritas objek wisata menawarkan panorama alam sehingga memanjakan mata pengunjung. Tak heran jika kemudian banyak objek wisata baru yang bermunculan dan menarik minat wisatawan untuk datang. Ada yang dikelola pribadi, BUMDes maupun pihak ketiga. Semuanya berlomba menawarkan keunggulan di objek wisatanya masing-masing.

Bahkan, hampir semua objek wisata yang ada di Kuningan kebanjiran pengunjung ketika libur Lebaran. Misalnya saja Linggarjati, kolam renang J&J, Sangkanurip Alami, Cibulan, Sidomba, Mountain Park dan Palutungan.

Dipastikan, ribuan kendaraan baik roda dua dan empat memadati jalanan menuju objek wisata. Salah satunya yakni objek wisata Cibulan yang kini makin dipercantik dengan beberapa wahana baru.

Objek wisata yang terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan ini, cukup direkomendasikan sebagai pilihan lokasi berlibur saat lebaran. Sebab pengunjung dapat merasakan sejuknya berenang di air jernih Gunung Ciremai, sambil ditemani ikan dewa berukuran besar sekaligus berwisata religi mengunjungi tujuh sumur keramat petilasan Prabu Siliwangi.

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp18.000 untuk anak-anak. Di objek wisata Cibulan, pengunjung boleh mandi dan berenang sepuasnya di kolam dengan air jernih pegunungan bersama ikan-ikan berukuran cukup besar.

Bagi yang tak kuat dingin, bisa duduk-duduk lesehan di bawah rindangnya pepohonan berusia ratusan tahun sambil menikmati cemilan khas Kuningan, seperti leupeut dan gemblong atau sekedar merasakan keseruan terapi ikan di pinggir kolam.

Berkunjung ke objek wisata Cibulan tentu tak bisa dipisahkan dengan kehadiran ikan dewa atau warga setempat menyebutnya kancra bodas (Labeobarbus dournesis). Ya, ikan dewa ini adalah salah satu pemikat objek wisata ini sehingga banyak pelancong yang mau kembali datang ke objek wisata Cibulan.

Selain merasakan keseruan sensasi berenang bersama ikan keramat tersebut, pengunjung juga bisa berfoto atau mencium ikan yang konon merupakan jelmaan dari para prajurit Prabu Siliwangi tersebut.

Objek wisata Cibulan juga terkenal dengan keberadaan tujuh sumur keramat yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi yang dipercaya memberi khasiat. Sumur-sumur tersebut pun mempunyai nama dan keampuhan khasiat masing-masing yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Keberadaan sumur tujuh Cibulan ini pun tersohor hingga banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah tak terkecuali para pejabat, artis hingga anggota DPR termasuk para calon bupati, wali kota, gubernur dan presiden pun beberapa pernah datang ke sumur keramat tersebut.

Kesejukan dan suasana alami objek wisata Cibulan yang masih asri menjadikan objek wisata alam ini semakin banyak peminatnya, terutama bagi masyarakat dari luar daerah beriklim panas. Untuk semakin menambah daya tarik wisatawan, pihak pengelola pun melakukan berbagai kreasi dengan menghadirkan beberapa wahana permainan seru dan menarik menyesuaikan zaman yang kekinian.

Beberapa wahana baru tersebut di antaranya wahana permainan ketangkasan panahan, sepeda air dan sepeda gantung serta pojok selfie bernuansa cinta. Untuk menikmati wahana baru tersebut, pengunjung pun ditarik biaya sewa Rp10 ribu untuk wahana permainan panahan dengan lima anak panah, serta Rp20 ribu untuk sewa sepeda air dan sepeda gantung. Sedangkan untuk berselfie ria di taman bernuansa cinta, pengunjung diperbolehkan masuk secara gratis saja.

“Penambahan wahana wisata ini menyesuaikan keinginan pengunjung yang suka berfoto selfie di alam terbuka dan bernuansa cinta. Kami menghadirkan jembatan cinta serta pojok selfie, dengan latar belakang bentuk hati yang boleh dikunjungi para pengunjung dan berfoto ala ABG jaman now,” kata Direktur Utama Objek Wisata Cibulan, HM Didi Sutardi didampingi Manajer Obwis Cibulan Umbara.

Menurutnya, keberadaan wahana baru sengaja dibuat dalam waktu dekat ini untuk menyambut wisatawan di musim liburan seperti hari raya Lebaran. Sebab jika liburan panjang tiba, diprediksi ada peningkatan pengunjung hingga 200% dari hari libur biasa.

“Kami juga telah menyediakan lahan parkir yang luas, tidak hanya di depan, namun juga di samping sebelah timur serta beberapa titik terdekat yang sudah kami sewa untuk kebutuhan parkir. Termasuk mengerahkan petugas tambahan yang merupakan para pemuda Desa Manis Kidul, ditambah anggota kepolisian untuk pengamanan nanti,” pungkasnya.

(dri/rjn)

Komentar

News Feed