Peringatan Hari Aids Sedunia, KPA Jawa Barat Gelar Acara

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) menggelar sebuah kegiatan di halaman kantor Kuwu Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia hari Kamis (7/12). Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa.

Menurut Ketua KPA Provinsi Jawa Barat Yoyoh, kegiatan ini bekerja sama dengan semua sektor pelabuhan baik Pelindo, KSOP, pemerintah setempat, serta perusahan yang mensupport penanggulangan HIV.

Bacaan Lainnya

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport dengan terselenggarakannya kegiatan ini. Semoga kita bisa membantu pencegahan HIV dan Aids sejak dini,” jelasnya saat ditemui awak media.

Dipilihnya desa Gebang Mekar sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ini, menurut Yoyoh adalah karena kebetulan ada program KPA yang sasarannya adalah nelayan. Dan juga, tempat untuk KSOP Cirebon tidak mencukupi.

“Alhamdulillah sejak tiga tahun ini, susah tidak ditemukannya HIV Aids di sektor pelabuhan,” jelasnya.

Sedangkan menurut Iwa Karniwa yang juga sebagai Ketua Harian KPA Provinsi Jawa Barat, perkembangan HIV di Jawa Barat tingkat penularannya sangat tinggi. Jawa Barat menduduki peringkat 2 besar kasus positif HIV setelah Jawa timur. Dan peringkat ke 6 untuk kasus Aids.

Besarnya kasus HIV dan Aids di Jawa Barat tersebut, menurut Iwa adalah karena belum tahu dan pahamnya masyarakat tentang bagaimana terjadinya pencegahan dan penukaran HIV dan Aids.

“Penularannya bisa melalui suntik narkoba ramai-ramai, seks sesama jenis, serta seks bebas yang berganti-ganti pasangan,” tuturnya.

Sejak tahun 1989 hingga Juli 2017, kasus HIV di Jawa Barat mencapai 29.533 kasus. Sedangkan kasus Aids ada 8043 orang. Dengan angka tersebut, menurut Iwa, membutuhkan upaya penanggulangan secara serius, sistematis, cepat, dan tepat, serta terintegrasinya seluruh komponen stakeholders.

“Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan bisa mencegah penularan HIV dan Aids,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, masyarakat sekitar bisa memeriksa dan tes apakah positif HIV atau tidak secara gratis. Selain itu, juga terdapat doorprize menarik dan hiburan musik.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *