Pemkab Garut Berusaha Mengembangkan Aplikasi MANTRA

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Garut – Manajemen Integrasi Informasi dan Pertukaran Data (MANTRA), merupakan aplikasi yang telah dikembangkan Kemkominfo sejak 2011 lalu. Sementara Pemerintah Kabupaten Garut kini sedang mengembangkan aplikasi tersebut. Aplikasi MANTRA tersebut untuk mengelola layanan elektronik berbagi pakai data (Interoperabilitas) antar sistem informasi Pemerintah. 

Aplikasi MANTRA tersebut berfungsi sebagai manajemen dan Kanal Pertukaran Data antar Sistem Informasi instansi pemerintah atau lebih dikenal lagi dengan istilah Government Service Bus (GSB).

Untuk memenuhi kebutuhan aplikasi tersebut, Diskominfo Garut mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang diselenggarakan dari tgl 6 hingga 8 Desember 2017. Bimtek tersebut diikuti oleh para oprator dan programer setiap SKPD, diantaranya Bappeda, BPKAD, BKD dan DPMPT, yang masing masing SKPD mengirimkan 10 orang peserta.

Menurut ketua penyelenggara, Kasi Aplikasi Telematika Pemkab Garut, Wahyudin mengatakan, bimtek tersebut dilaksanakan untuk pembekalan para operator atau programer dalam pengumpulan bahan persiapan integrasi. Terutama untuk beberapa aplikasi di lingkup Pemkab Garut, sesuai arahan korsupgah KPK RI yang akan diaplikasikan tahun 2018.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Garut, Drs. Diar Cahdiar,M.Si, di sela sela acara pembukaan, menjelaskan, aplikasi MANTRA tersebut bermanfaat untuk menjembatani pertukaran data antar instansi pemerintah, meskipun berbeda database, aplikasi maupun sistem operasinya. Aplikasi MANTRA dapat difungsikan sebagai GSB (Government Service Bus) dan Web-API (Application Programming Interface), jelas Diar, Kamis (7/12).

Lebih jauh Diar mengatakan, Aplikasi MANTRA menerapkan prinsip arsitektur berbasis sumber daya (Resource Oriented Architecture/ROA) dengan menggunakan WebAPI (Web Application Programming Interface) sebagai agen pertukaran data. Untuk itu Diar berharap, peserta Bintek benar benar bisa menyerap dari hasil Bintek tersebut.(RJN)

Comment