Pembayaran Tol Non Tunai Mulai Berlaku 31 Oktober 2017

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Mulai 31 Oktober 2017, pembayaran di jalan tol Indonesia akan dilakukan sepenuhnya secara non tunai atau e-money. Pemberlakuan ini diharapkan dapat mempercepat proses pembayaran di gerbang tol. Hal tersebut diungkapkan oleh M. Abdul Majid selaku Kepala Bank Indonesia Cabang Cirebon saat mengadakan Rapat Koordinasi di Ruang Rapat Linggarjati Bank Indonesia cabang Cirebon hari Rabu (20/9).

Untuk mempersiapkan hal tersebut, Bank Indonesia bekerja sama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Kementrian Perhubungan, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dan beberapa bank terkait untuk mewujudkannya.

“Sistem pembayaran elektronik di jalan tol akan menerapkan inteekoneksi dan interoperabilitas melalui Secure Access Module (SAM) Multi Applet, yaitu sistem penerapan infrastruktur yang mendukung penerapan multi bank penerbit untuk menyediakan layanan uang elektronik secara interkoneksi,” jelasnya.

Masing-masing perbankan seperti BNI, Mandiri, BTN, BCA, dan BRI telah mempersiapkan segala yang dibutuhkan, seperti kartu e-money, kemudahan dalam pengisian atau top up.

Menurut Suyitno, selaku Operation General Manager PT Lintas Marga Sedaya, sebelum tanggal 30 Oktober 2017, akan diujicobakan di beberapa Gerbang Tol (GT), baik Intrant maupun Exit. Adapun GT yang dimaksud adalah GT Sumber Jaya pada tanggal 10 Oktober 2017, GT Kalijati tanggal 12 Oktober 2017, GT Kertajati tanggal 17 Oktober 2017, GT Cikedung tanggal 19 Oktober 2017, GT Subang tanggal 24 Oktober 2017, dan GT Palimanan tanggal 29 Oktober 2017. Kesemua itu masih bisa menerima pembayaran tunai maupun non tunai. Lalu tanggal 31 Oktober, baik Intrant ataupun Exit sudah mulai berlaku non tunai.

“Saat ini kami sudah melakukan sosialisasi melalui media, spanduk, jembatan, gerbang tol, dan menulis surat ke pengusaha-pengusaha yang menggunakan truk,” tuturnya.

Untuk top up atau pengisiannya, bisa dilakukan di retail-retail, mobile banking, internet banking, minimarket, gerbang tol, rest area, dan lain-lain.

“Dengan adanya sistem pembayaran tersebut, semoga masyarakat dapat nyaman melakukan perjalanan,” harapnya.(Juf/RJN)

Comment