Patuhi Protokol Kesehatan, Pemilihan Ketua RT di Taman Cibodas Gunakan Online Voting

  • Whatsapp

RJN, Cikarang –  Taman Cibodas menyelenggarakan pemilihan Ketua RT secara serentak tahun ini. Empat Ketua RT akan mengakhiri tugas mereka di salah satu kluster Lippo Cikarang ini.

Masa new normal tidak mempengaruhi pelaksanaan pemilihan tersebut, meskipun beberapa daerah menghimbau penundaan pemilihan ketua RT selama masa pandemi.

Namun, pengurus wilayah Taman Cibodas tetap melaksanakan pesta demokrasi mini ini melalui metode online voting. Cara ini dipilih demi mematuhi protokol kesehatan dalam hal pengumpulan massa.

Pelaksanaan pemilihan Ketua RT ini meliputi beberapa tahapan. Panitia Pemilihan melakukan pengumpulan data pemilih dan penjaringan Bakal Calon Ketua RT di sepanjang bulan Juli 2020 kemarin. Ketua RT dibantu anggota Panitia Pemilihan melakukan pendataan warga yang berhak memberikan suara.

Selain itu, warga masing-masing RT menentukan para kandidat atau bakal calon Ketua RT. Penjaringan bakal calon ini menggunakan google form. Nama-nama yang muncul dari penjaringan inilah yang akan dipilih oleh warga secara online voting melalui www.cibodas1234.com pada 16 Agustus 2020. Sehingga warga di empat RT di Taman Cibodas akan mempunyai pemimpin baru tepat pada 17 Agustus 2020 nanti. Panitia Pemilihan juga memperhatikan unsur keamanan dan kerahasian pemilih dalam online voting ini.

Sehingga pemilih tidak merasa khawatir dengan penyalahgunaan data atau hak pilih. Panitia memastikan semua itu dengan melakukan serangkaian tes dan update terus-menerus terhadap perangkat yang digunakan.

Selain itu warga bisa memantau perkembangan dan hasil pemilihan melalui www.cibodas1234,com sebagai situs informasi warga Taman Cibodas.

Pengurus wilyayah Taman Cibodas mengharapkan cara pemilihan Ketua RT secara online voting ini juga bisa menjadi inspirasi. Praktek demokrasi dan tehnologi informasi bisa bekerja sama di masa pandemi. Sehingga masa New Normal ini tetap bisa memunculkan pemimpin yang berkualitas.

(red/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *