oleh

Masyarakat dan Pemerintah Desa Belawa Deklarasikan Stop BABS

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Dalam upaya meningkatkan hidup sehat, pemerintah Desa Belawa beserta masyarakat menandatangani Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) di Kantor Pendopo Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Senin (14/5).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Hj. Eni Suhaeni SKM, MM melalui Kasi Kesmas, Herdiansah yang hadir dalam acara tersebut, sangat mengapresiasi Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat Belawa yang telah berhasil berpola hidup sehat, sehingga menjadi salah satu Desa yang sudah Open Defecation Free (ODF) di tahun 2017 menurut data dari Puskesmas Lemahabang Kabupaten Cirebon.

“Tentu kami sangat mengapresiasi masyarakat Belawa yang hari ini mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan,” jelasnya, Senin (14/5).

Sedangkan menurut Kuwu Belawa, Kamon Heryanto E, SE mengatakan, acara Deklarasi BABS ini diharapkan masyarakat konsisten tidak lagi buang air besar sembarangan. Semoga masyarakat konsisten dengan berpola hidup sehat dan bersih.

“Alhamdulillah dari semua unsur mendukung Stop BABS. Tentu keberhasilan ini buah kerja dari masyarakat dan para kader serta lembaga Desa lainnya,” terangnya.

Selain itu, tempat pembuangan yang berada di empang atau balong sudah dibongkar baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah Desa, sehingga lingkungan bebas dari kotoran manusia. Karena menururnya, kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat.(Ymd/RJN)

Komentar

News Feed