oleh

KPU Kota Cirebon Gelar Simulasi Penerimaan Paslon Jalur Perseorangan

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Bertepatan dengan 215 hari lagi menjelang pemilu bulan Juni 2018 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan apel dan simulasi pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon khusus jalur perseorangan di Kantor KPU Kota Cirebon, Jl. Palang Merah No. 6 Kota Cirebon hari Jumat (24/11).

Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani menjelaskan, pelaksanaan penerimaan pencalonan khusus jalur perseorangan tingkat kota sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 25-29 November 2017. Sedangkan untuk tingkat provinsi sudah dilaksanakan sejak tanggal 22 hingga 26 November 2017.

Adapun yang akan dilibatkan dalam penerimaan calon independen nanti adalah seluruh sektetariat yang ada di kota Cirebon, dan juga petugas PPK di 5 kecamatan Kota Cirebon. Selain itu, pihak kepolisian juga diundang untuk menjaga kesehatan jalannya proses kegiatan.

Emirzal menambahkan, tujuan diadakannya simulasi ini adalah untuk memberikan gambaran kepada petugas KPU apabila ada pasangan calon melalui jalur independen yang datang nantinya. Sehingga, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan.

“Simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada kita kalau ada yang datang besok atau lusa,” jelasnya kepada awak media usai menjalani apel.

Menurutnya, apel siaga tersebut sudah dilakukan oleh KPU provinsi dan diikuti oleh KPU kabupaten/kota dalam rangka memastikan kesiapan KPU untuk menerima calon perseorangan. Sebab, khusus di Jawa Barat sendiri, dukungan jalur perseorangan sekitar 2,1 juta KTP. Sedangkan untuk Cirebon sendiri sekitar 23 ribu KTP.

“Ini butuh kehati-hatian dan ketelitian kami sebagai penyelenggara pemilu pada saat kegiatan penerimaan pasangan calon. Dan kita hampir 90% sudah siap,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed