Kota Cirebon Akan Berlakukan PSBB Lagi

  • Whatsapp
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis meminta warganya agar meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan. Terutama bagi mereka yang beraktivitas diluar rumah

RJN, Cirebon – Penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon semakin mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, hanya dalam hitungan hari terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 9 orang.

Atas hal ini, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis meminta warganya agar meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan. Terutama bagi mereka yang beraktivitas diluar rumah.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis meminta warganya agar meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan. Terutama bagi mereka yang beraktivitas diluar rumah

“Kurangnya kedisplinan masyarakat mengakibatkan peningkatan positif Covid-19 ini,” ujar Azis, pada Jumat (3/7/20) seusai mengikuti video conference (vicon) dengan Gubernur Jabar di Balaikota.

Azis menegaskan, dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), jangan disalahartikan. Bukan bebas seperti sebelumnya, tapi boleh melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dikatakannya, pandemi Covid-19 ini belum bisa dikatakan berakhir. Tapi yang ditakutkannya adalah gelombang kedua dari Covid-19 pasca dihentikannya PSBB. Apalagi vaksin maupun obatnya belum ditemukan.

Pihaknya sudah menginstruksikan jajaran mulai dari RT, RW, kelurahan sampai kecamatan, untuk lebih intensif melakukan pencegahan. Dengan cara mengawasi warganya yang pernah melakukan perjalanan keluar kota.

“Hampir semuanya kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon berasal dari pelaku perjalanan. Untuk itu harus ada pengetatan pengawasan terhadap warga yang sudah bepergian,” tegasnya.

Azis juga akan mempertimbangkan kembali diberlakukannya PSBB. Karena pihaknya ingin melindungi dan mencegah warganya dari penularan Covid-19. Hal ini akan dilakukan bila dirasanya AKB ini malah menimbulkan penambahan kasus baru.

“Nanti kita akan lakukan juga razia yang tidak memakai masker. Terutama di jalanan dan tempat umum lainnya,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kasatpol PP Kota Cirebon Andi Armawan menyampaikan, sesuai instruksi walikota pihaknya akan segera bergerak melakukan razia masker.
Yang akan menyasar beberapa lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat antara lain pasar, jalan raya, mall dan lainnya.

“Razia masker ini dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan. Kami akan segera koordinasi dengan semua pihak terutama TNI/Polri dalam pelaksanaan razia masker nantinya,” ucap Andi mengakhiri.

(gie/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *