KNPI Gandeng OKP se Lemahabang Normalisasi aliran Sungai Singa Ratu dan Singa Raja

oleh -
banner 120x600

RJN, Cirebon– Kerja bhakti yang diinisiasi oleh Para pengurus KNPI Kecamatan Lemahabang dengan menggandeng berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada serta mendapatkan dukungan dari Muspika setempat. Kerja sosial yang dilakukan oleh berbagai OKP tidak lain adalah membersihkan 2 aliran sungai dari sampah yang membelah wilayah Desa Lemahabang yang menjadi sumber banjir pada awal tahun 2018 lalu.

Bhakti Sosial yang di fokuskan pada normalisasi sungai untuk mengantisifasi banjir yang selama ini menerjang Desa Lemahabang, ungkap Kompol S. Sembiring kepada rakyatjabarnews.com saat ditemui dibilangan bantaran sungai Singa Ratu dan Singa Raja, Selasa (16/10/2018).

“Kami sangat mengapresiasi niat baik dari OKP OKP yang ada dibawah naungan KNPI Kecamatan Lemahabang yang telah melakukan kerja bakti menormalisasi sungai Singa Ratu dan Singa Raja dari tumpukan sampah.”

Kompol S. Sembiring menambahkan jika kesadaran dari para OKP untuk menormalisasi aliran sungai harus mendapatkan dukungan dari instansi terkait yang memiliki kewenangan dalam lingkup menangani aliran Sungai.

“Kami sangat mensuport baik dari Polsek Lemahabang maupun dari Koramil Sindanglaut atas upaya yang dilakukan dalam menormalisasi aliran 2 sungai tapi alangkah baiknya jika instansi terkait yang manangani sungai menurunkan alat berat untuk mengeruk endapan lumpur di ke 2 sungai.”

Sedangkan menurut Uray Heryadi 42 Tahun yang menjabat Ketua KNPI Kecamatan Lemahabang mengaku jika kegiatan bhakti sosial yang dilakukan untuk menggugah masyarakat agar tidak membuang sampah ke Sungai dan mencoba mengingatkan pada para pemangku kebijakan agar segera menormalisasi sungai yang ada di Lemahabang.

“Ini cara kami dalam menggugah masyarakat agar peduli dengan sungai agar tidak membuang sampah ke sungai, selain itu kami ingin dalam hal ini Dinas terkait agar segera menormalisasi sungai yang sudah sangat dangkal dan menyempit.”

Uray berharap pihak pihak yang membidangi bisa segera melakukan normalisasi agar aliran sungai lancar, karena dalam musim penghujan wilayah Lemahabang menjadi langganan banjir akibat sungai yang dangkal dan sempit.
“Perlu alat berat dalam normalisasi sungai Sunga Ratu dan Singa Raja karena tebalnya sedimen tanah dan penyempitan di beberapa lokasi, kami berharap pihak Pemerintah baik itu BBWS agar menormalisasi sungai di Lemahabang agar pada saat hujan tidak kebanjiran terus, “tutupnya.(ymd/rjn)

Comment