Kasi Ekbang Kecamatan Lemahabang Tercengang Saat Sidak ke Rumah Suha

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Setelah ramai-ramai diberitakan media massa, akhirnya Kasi Ekbang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Bahrun, turun ke lapangan untuk meninjau langsung kondisi rumah keluarga Suha yang belasan tahun hidup tanpa teraliri listrik, Rabu (3/1).

Bahrun mengatakan bahwa dirinya benar-benar tidak mengetahui kondisi rumah Suha yang tidak teraliri listrik selama belasan tahun, dan dia baru mengetahui dari surat kabar.

“Saya baru mengetahui dari Koran mas, makanya saya sengaja datang untuk melihat langsung agar Pemerintah Kecamatan bisa membantu,” ucapnya saat ditemui awak media di kediaman Suha di Blok C RT 03 RW 03 Desa Belawa Kecamatan Lemahabang, Rabu (3/1).

Ditambahkan Bahrun, selama ini belum ada data yang masuk pada Pemerintah Kecamatan, sehingga ke depannya perlu menjadi prioritas untuk program Rutilahu. Karena, setelah melihat kondisi rumah yang gelap gulita, juga kondisi rumah yang tidak layak huni, maka bisa diajukan oleh RT setempat untuk masuk RutiLahu dari Anggaran Desa atau bisa diajukan ke Dinas PUPR Kabupaten Cirebon.

“Ini seharusnya sudah harus masuk program RutiLahu, bisa dari Dana Desa atau diajukan ke Dinas PUPR, dan bisa diajukan dalam Musrenbang desa juga kecamatan,” tuturnya.

Masih menurut Bahrun, dirinya akan berkordinasi dengan camat dan pemerintah desa setempat agar keluarga Suha masuk program RutiLahu pada tahun ini. Selain itu, dia juga berterima kasih kepada Darmawan yang telah memperhatikan serta membantu masyarakat Kecamatan Lemahabang yang luput dari perhatian pemerintah setempat selama ini.

“Kami sangat berterima kasih pada Darmawan yang sudah mau membantu masyarakat Kecamatan Lemahabang, dan kami akan berkoordinasi baik dengan pimpinan dan pemerintah desa setempat agar menjadi prioritas program pemerintah,” pungkasnya.

Sedangkan menurut Aminah seaku istri Duha mengatakan, sebetulnya tahun yang lalu sudah beberapa kali ada yang datang melihat. Katanya mau diajukan listrik gratis dan RutiLahu, namun tidak pernah jadi kenyataan.

“Sudah beberapa kali tahun kemarin ada beberapa orang yang datang, katanya sih mau diajukan program listrik gratis dan RutiLahu. Tapi tidak ada kelanjutannya,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Comment