Jelang Natal dan Tahun Baru, Ketersediaan Pangan di Cirebon Masih Stabil

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Ketersediaan dan stabilitas pangan saat ini masih stabil. Dengan kestabilan tersebut, pemerintah berupaya untuk menekan agar harga pangan tidak terlalu tinggi, terutama menjelang hari Natal dan tahun baru ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Deddi saat membuka Rapat Koordinasi Semester 2 Dewan Ketahanan Pangan Kota Cirebon 2017 di aula kantor Dinas Angan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon, Jl. Raya Kalijaga, Pegambiran, Kota Cirebon hari Kamis (7/12).

“Yang harus diwaspadai adalah lonjakan harga, dan bila perlu operasi pasar,” jelasnya saat ditemui awak media.

Bacaan Lainnya

Asep Deddi menambahkan, naiknya harga pangan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya faktor cuaca, distribusi yang tersendat, pasokan petani berkurang, dan sebagainya.

“Semoga memberikan solusi yang efektif tentang ketahanan pangan, serta pemerintah menjamin ketersediaan pangan,” pungkasnya.

Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Cirebon untuk menjaga kestabilan pangan adalah mendorong regulasi, meningkatkan dukungan ketersediaan dan cadangan pangan dengan bekerja sama dengan Bulog, mendorong alternatif beras supaya tidak ketergantungan, meningkatkan pengawasan dan keamanan pangan yang beredar di masyarakat mempermudah akses pangan.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon Maharani Dewi, pertumbuhan penduduk meningkat di daerah perkotaan dikarenakan urbanisasi. Sehingga, kebutuhan pangan di kota akan meningkat.

“Urbanisasi sangat mempengaruhi kebutuhan pangan di Kota Cirebon. Hal itu dikarenakan lapangan kerja tidak di dapat saat di desa. Sehingga mereka berbondong-bondong menuju kota,” tuturnya.

Maharani melanjutkan, data terakhir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon tahun 2016, jumlah penduduk Cirebon 388854 jiwa. Dengan angka tersebut, kebutuhan pangan semakin meningkat.

“Karena itu, kita berupaya untuk meningkatkan kestabilan dan ketersediaan pangan, apalagi udah mau Natal dan tahun baru ini,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *