oleh

Harga Bawang Merah dan Putih di Kota Cirebon Mengalami Kenaikan

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Harga komoditas bawang merah di beberapa pasar di Kota Cirebon mengalami kenaikan. Seperti yang terjadi di Pasar Induk Jagasatru, Kota Cirebon.

Menurut salah seorang pedagang bawang Djarodjah (45) mengungkapkan, harga bawang merah di Jagasatru sekitar Rp 20.000 – Rp 22.000 perkilogram tergantung jenisnya. Sedangkan bawang putih sekarang menjadi Rp 23.000 perkilogram.

Menurutnya, harga segitu sudah mengalami penurunan setelah sebelumnya sempat naik Rp 28.000. “Kalau di sini kan belinya karungan jadi naiknya cuma Rp 2.000 perkilogram. Tetapi bawang putih lagi rugi, yang biasanya sekitar Rp 25.000 – Rp 28.000, sekarang jadi Rp 23.000 perkilogramnya,” terangnya saat ditemui RakyatJabarNews.com, Kamis (8/3).

Dia melanjutkan, sebetulnya untuk stok bawang merah dari daerah Losari dan Brebes tidak ada dampak yang cukup signifikan, meskipun wilayah tersebut sempat terkena banjir beberapa waktu lalu.

“Yang ada saat ini bawang yang saya stok buat simpenan,” kata Djarodjah.

Sedangkan menurut Dudung (42) salah seorang pedagang cabai di Jagasatru menjelaskan, pasokan cabai saat ini sedang berkurang, namun dia tidak bisa menjelaskan kekurangan tersebut. Untuk harga cabai rawit biasa di angka Rp 22.000 perkilogramnya, dan cabai merah Rp 35.000 perkilogramnya.

“Pasokannya dari Jawa Timur agak berkurang,” pungkasnya.

Berbeda dengan yang terjadi di Pasar Kanoman. Kenaikan harga bawang merah dan putih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan bawang merah menembus angka Rp 30.000 perkilogramnya.

Salaj seorang pedagang, Saunah (60) mengatakan, saat ini harga bawang merah perkilogram mencapai Rp 30.000 sedangkan bawang putih Rp 40.000. Menurutnya kenaikan harga ini dipicu oleh adanya bencana alam banjir di Brebes Jawa Tengah yang menyebabkan lahan pertanian bawang tergenang.

“Dari sananya udah naik, semua bahan pokok mulai naik. Mungkin juga naik karena banjir kemarin yang melanda Brebes, karena bawang ini kan dari sana,” ujarnya.

Dia menyebutkan, kenaikan harga ini baru terjadi beberapa waktu belakangan ini. Sedangkan untuk harga normalnya bawang merah di angka Rp 20.000-an dan bawang putih Rp 25.000-an perkilogramnya.

Selain komoditas bawang, kenaikan pun terjadi pada cabai merah yang mencapai Rp 40.000, cabai rawit biasa Rp 30.000, dan cabai kriting Rp 50.000 perkilogramnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed