Dr. Zainal: Penderita Kusta Kebanyakan Menyerang Usia Produktif

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Penyakit kusta memang sudah menjadi momok yang menakutkan, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon. Apalagi, kebanyakan penderitanya adalah di usia-usia produktif. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Astanajapura Dr. Zainal saat peringatan Hari Kusta Sedunia ke-65 di Puskesmas Astanajapura, Kecamatan Astanjapura Kabupaten Cirebon, Rabu (31/1).

“Kebanyakan penyakit kusta ini menyerang usia-usia produktif,” jelasnya saat ditemui awak media.

Karena itu, lanjut Zainal, pihaknya sudah memberikan penyuluhan-penyuluhan rutin kepada masyarakat terkait penyakit kusta. Adapun waktunya sekitar sebulan sekali kepada 18 orang. “Kami akan berikan gratis pengobatan selama setahun,” tuturnya.

Berdasarkan data, jumlah kasus penderita kusta di Kabupaten Cirebon sebanyak 232 di tahun 2017. Dari angka tersebut, perinciannya adalah penderita kusta kering sebanyak 6 orang, dan kusta basah sebanyak 226 orang. Sedangkan untuk pasien yang sembuh dari kusta sebanyak 40 orang. Sedangkan yang masih dalam pengobatan sebanyak 192 orang.

“Kami sudah membentuk forum untuk mencari penderita kusta di Kabupaten Cirebon. Jadi, tinggal kader itu sendiri yang mencari, sehingga puskesmas terbantu,” tuturnya.

Untuk memudahkan dalam pencarian, Zainal menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi dan pemeriksaan di tiap-tiap puskesmas, pemasangan spanduk di tiap puskesmas, dan gerakan jabat tangan di penderita kusta.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi

Comment