oleh

Ditpolair Polda Jabar Gelar Operasi Gabungan di Perairan Cirebon

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Ditpolair Polda Jabar bersama unsur maritim seperti TNI Angkatan Laut, KSOP, BNN, Imigrasi, Bea Cukai, PSDKP Kota Cirebon, dan Pelabuhan Cirebon menggelar operasi gabungan di wilayah perairan Cirebon, Senin (26/2). Giat operasi ini, menyasar pada pelanggaran alat tangkap (bom ikan), narkoba, penyelundupan, pelanggaran Undang-Undang Pelayaran dan orang asing.

Menurut Wakil Direktur Ditpolair Polda Jabar AKBP Indra Rathana, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan bersama. Minimal sebulan bisa satu hingga dua kali.

“Kegiatan ini merupakan operasi gabungan yang melibatkan unsur maritim. Biasanya sebulan bisa dua kali tergantung kebutuhan,” jelasnya saat ditemui awak media usai melakukan kegiatan.

Patroli gabungan ini berangkat dari Pelabuhan Cirebon dan berlangsung kurang lebih selama 4 jam, mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB siang dengan menggunakan tiga buah kapal, yakni 1 kapal milik Ditpolair dan 2 kapal dari TNI AL.

Adapun kapal yang diperiksa saat operasi adalah OMS Semeru, yang berada di lepas perairan wilayah Mundu, Kabupaten Cirebon. Kapal tersebut berlayar dari Tanah Grogot, Kalimantan Timur dengan tujuan Cirebon dan membawa muatan batu bara. Dari hasil pemeriksaan, tidak diketemukan pelanggaran apa pun. Kapten dan awak kapal bertindak kooperatif selama pemeriksaan berlangsung.

“Hasil dari operasi gabungan hari ini, tidak ada tindak pelanggaran. Semua berjalan lancar tanpa terkendala suatu apa pun hingga operasi ini selesai,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed