Diguyur Milyar Rupiah dari Program Kotaku, Desa di Cirebon Berubah drastis

oleh -

RJN, Cirebon – Program Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku merupakan program dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, tujuan pembangunan infrastructure ditujukan untuk memberikan solusi dan menata ruang publik.

Seperti yang terjadi disalah satu wilayah di Kabupaten Cirebon, terdapat 10 Desa yang mendapatkan program Kotaku pada tahun 2019.

Duliman yang menjabat Ketua BKM Kotaku Desa Belawa Kecamatan Lemahabang mengatakan jika pihaknya telah melaksanakan program Kotaku dari tahap pertama dengan pembuatan Spal Pvc sepanjang 1.223 meter di dua Blok yang ada di Desa setempat.

“Alhamdulillah kami telah melaksanakan pembangunan Spal PVC Dan Drainase 156 bertulang sepanjang 156 meter dengan melibatkan 13 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), ” ungkapnya kepada jurnalis media rakyatjabarnews.com, Senin (26/11/2018).

Duliman menambahkan selain pembangunan Spal dan drainase pihaknya juga membangun instalasi pengolahan air minum sederhana (red. Ipas) sebagai salah satu solusi bagi warga yang mengalami keksulitan air bersih pada saat musim kemarau.

“Ada 8 Ipas yang kami bangun disetiap RT, pembangunan ipas agar warga di 8 RT yang ada di Blok E dan Blok F dapat menerima aliran air bersih”.

Masih menurut Ketua BKM Kotaku Desa Belawa bahwa pembangunan yang dilaksanakan melibatkan masyarakat di masing masing RT sehingga tujuan dari Kotaku dapat memberikan nilai plus baik dalam pemberdayaan masyarakat maupun secara kualitas infrastructure dapat untuk semua pembangunan Kotaku seperti pembangunan rabat beton sepanjang 1.102 meter melibatkan masyarakat dengan harapan ketahanan infrastructure bisa mencapai 5 hingga 10 tahun kedepan.”

Sebagai pengurus BKM Kotaku, dirinya dan 9 orang anggota lainnya siap di audit BPKP Provinsi Jawa Barat.(ymd/rjn)

Berita Rekomendasi

Comment