Danrem 063/SGJ Tegaskan Netralitas Jajarannya dalam Pilkada 2018

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Jajaran Komando Resor Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati akan tetap bisa menjaga netralitas dalam Pilkada serentak tahun 2018. Hal tersebut diungkapkan oleh Danrem 063/SGJ yang baru saja dilantik, Kolonel Arm Maryadi, S.Sos saat ditemui awak media di Aston Hotel Cirebon malam ini, Sabtu (26/5).

“Kita tetap berpegang teguh pada ketentuan umum dan aturan saat ini. Dan kita tekankan bahwa jajaran Korem 063/SGJ tidak ada yang terlibat dalam mendukung salah satu paslon, baik langsung maupun tidak langsung,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan, dari 8 wilayah kesatuan di bawah Korem 063/SGJ, terdapat 6 daerah kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak di tahun 2018. Dan pihaknya memastikan jajaran satuan, baik Dandim, Koramil, hingga Babinsa berpedoman pada ketentuan yang ada.

“Kita diperintahkan dari Satuan Atas Kodam untuk selalu menekankan sampai sekecil-kecilnya, agar kita tidak ada yang terlibat untuk mendukung salah satu pasangan calon. Sehingga netralitas harus mutlak dan tidak boleh terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tambahnya.

Untuk memastikan netralitas jajaran Korem 063/SGJ dalam perpolitikan, katanya, pihaknya akan melakukan upaya-upaya pencegahan dan deteksi dini. Diantaranya, pertama melakukan penekanan melalui jajarannya hingga melakukan pengecekan ke lapangan.

“Kemudian kita cek di lapangan termasuk penggunaan-penggunaan fasilitas yang milik kita dari jajaran Korem, tidak boleh ada atribut dan lain-lain,” ucapnya.

Selain itu juga, lanjut Danrem 063/SGJ, dalam waktu dekat akan dilakukan pembinaan dan penyampaian pendidikan kepada seluruh jajaran Korem, mulai tingkat Dandim, Danramil, hingga Babinsa. Sehingga, seluruh satuan bisa memahami tindakan-tindakan mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

“Kita harus bisa membentengi dari segala macam bujukan ataupun rayuan dari pihak-pihak tertentu,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *