oleh

Dampak Longsor, Jalur Puncak Ciloto Kembali Ditutup

RakyatJabarNews.com, Cianjur – Kawasan Puncak, tepatnya di Hotel Puncak Pass, Desa Ciloto Kecamatan Cipanas kembali diterjang longsor akibat intensitas curah hujan yang tinggi. Kini jalur puncak dari arah Cianjur menuju Bogor maupun sebaliknya kembali ditutup pihak Kepolisian untuk waktu yang belum ditentukan.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia menjelaskan, setelah mengetahui adanya peristiwa amblasnya badan jalan di titik perbatasan Cianjur-Bogor ini, pihaknya segera memeriksa lokasi dan mengumpulkan data dari sejumlah warga.

“Hasilnya, jalur lalu lintas harus ditutup sementara waktu. Jalur dari arah Cianjur menuju Bogor  penutupan dilakukan di Pos Jabar 9 Cianjur wilayah Cianjur. Sedangkan untuk wilayah Bogor ditutup di Gunung Mas,” jelasnya.

Menurutnya untuk kendaraan bermotor roda dua masih dapat melintas. Namun untuk kendaraan roda empat apalagi lebih, dilarang untuk melintas. Untuk mobil disarankan mengambil rute via Jonggol atau Sukabumi.

“Kita masih koordinasi dengan PU,” ungkapnya tadi malam.

Sedangkan Camat Cipanas, Ahmad mengatakan, pihaknya bersama Muspika langsung meninjau lokasi setelah menerima laporan dari masyarakat. Amblasnya badan jalan tersebut, turut pula merusak lajur jalan yang sedang diperbaiki karena longsor beberapa bulan yang lalu..

“Kami pun sudah menerima laporan, tetapi hingga saat ini, kami belum mengetahui penyebab amblasnya jalan tersebut,” ujarnya.

Informasi yang diterimanya dari beberapa orang warga yang melapor bahwa, sebelum terjadi amblas, sebelumnya sudah ada beberapa rekahan tanah, namun kecil.

“Saya  mengimbau kepada warga agar berhati-hati. Kami akan melakukan pemantauan lebih lanjut,” tukasnya. (asp/RJN)

Komentar

News Feed